Sukses

Fashion

[Review] Buku 'Marissa Mayer: Penyelamat Yahoo dari Kebangkrutan'

Judul: Marissa Mayer, Keputusan-Keputusan Kontroversial & Misi Menyelamatkan Yahoo dari Kebangkrutan

Penulis: Nicholas Carlson

Penerjemah: Yusa Tripeni

Penyunting: Ika Yuliana Kurniasih

Perancang sampul: Rody Setiyawan

Ilustrasi sampul: Edi Jatmiko

Pemeriksa aksara: Intan Puspita & Prima Sulistya

Penata aksara: gabriel_sih

Penerbit: Bentang Pustaka

Cetakan Pertama, Desember 2015

Blurb:

Kemunduran Yahoo terjadi selama masa dot-com bust di tahun 2000. Sebuah perusahaan internet yang ketinggalan jaman, yang sahamnya jatuh sembilan persen dalam sehari, dan sulit membaik kembali. Sialnya Yahoo terus menerus dipimpin oleh orang dengan keputusan yang salah. Yahoo hampir kehilangan segalanya, hingga datang sebuah keputusan merekrut salah satu petinggi Google saat itu, Marissa Mayer di tahun 2012. Mayer masuk ke Yahoo berkat campur tangan sejumlah pemain internasional dan reputasinya sebagai sosok muda berpengaruh yang menjalankan seisi Google. Proses rekrutmen berjalan sangat cepat, tapi membuat semua orang sangat optimis. Harapan yang dibuktikan dengan pencapaian luar biasa dalam kurun waktu kurang dari setahun; Yahoo meluncurkan produk dengan kecepatan yang tak pernah dimilikinya selama lebih dari satu dekade, memenangi penghargaan dan pujian untuk desain produknya, hingga ribuan orang melamar ke Yahoo tiap kuartalnya.

Akan tetapi di tahun yang sama, Mayer duduk di hadapan semua staf di kafetaria Yahoo, bersiap mempertaruhkan reputasi dan citranya di hadapan Yahoos. Mayer akan menjawab satu per satu pertanyaan Yahoos tentang keputusan terbarunya yang dianggap kontroversial. Setahun sebelumnya, ia memutuskan untuk tidak memecat lima ribu orang di antaranya, dan kini keputusan tadi dipertimbangkan ulang. Ruangan itu dipenuhi aura ketegangan, dan pertanyaan penting kembali menyeruak: Apakah Mayer benar-benar bisa menyelamatkan perusahaan ini?

Simak perjuangan dan kegigihan Marissa Mayer yang dirangkum oleh tangan jeli Nicholas Carlson, koresponden senior Business Insider. Layaknya menaiki roller coaster, buku ini akan mengaduk-aduk dan membawa Anda turut merasakan sendiri perjuangan menyelamatkan sebuah bisnis jenis baru, dengan serangkaian cara yang tak disangka-sangka.

***

Siapa Marissa Mayer? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas di pikiran kita ketika pertama kali mendengarnya. Tapi pastinya tahu kan apa itu Yahoo? Nah, Marissa Mayer ini adalah presiden dan CEO Yahoo. Dia memang sosok wanita yang istimewa dan luar biasa. Sebelum bekerja di Yahoo, dia merupakan orang penting di Google. Sepak terjangnya pun sangat menarik perhatian berbagai media. Dan di buku ini, semua pengalaman dan perjalanan kariernya dibahas dengan detail.

Copyright Vemale/Endah Wijayanti

Ketika bekerja di Google, Mayer dikenal sebagai sosok perencana yang baik dan memiliki semangat luar biasa. Posisi dan jabatannya pun naik dengan cepat. Sangat profesional dalam urusan pekerjaan, Mayer pun sosok yang terbilang perfeksionis. Segala sesuatunya harus dilakukan dengan detail dan teliti. Bahkan sering berdebat juga dengan tim desainer untuk urusan pemilihan warna.

Perjalanan kariernya memiliki banyak tantangan. Sampai akhirnya dia masuk ke Yahoo (bagaimana dan mengapa ia tak lagi di Google lalu ke Yahoo, baca langsung kisahnya yang menarik di bukunya langsung, ya), Mayer kemudian sangat diandalkan untuk bisa membuat banyak gebrakan baru. Sosoknya yang sering jadi sorotan media pun membuat dirinya sudah seperti seleb terkenal saja.

Yang menarik dari seorang Mayer adalah dedikasinya yang luar biasa terhadap pekerjaannya. Sang suami Zachary Bogue pun memberikan keleluasaan dan bahkan mengizinkan waktu malam hari untuk tetap bekerja. Mayer dikagumi tapi juga memiliki sejumlah “musuh”. Ada saja orang-orang yang tak menyukai dirinya.

Saking padat dan sibuknya rutinitas pekerjaannya, dia tetap bergelut dengan urusan pekerjaan saat sedang hamil tua. Pengalaman bersalinnya pun cukup menarik. Jadi tak lama setelah mengikuti rapat di suatu hari Sabtu siang dengan para eksekutif dari Microsoft, Mayer sudah berada di ruang bersalin pada menit berikutnya. Berita ini pun membuat banyak pihak terkesan.

Buku ini sangat menarik. Tak hanya menceritakan soal kisah dan perjalanan karier Mayer tapi juga membahas berbagai hal menarik terkait dunia internet. Juga menceritakan sejumlah hal menarik terkait Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Larry Page, Bill Gates, dan sejumlah nama besar lainnya. Buat kamu yang sangat menyukai dunia digital dan internet, buku ini pas banget buat kamu. Pastinya juga ada banyak inspirasi yang bisa didapat dari seorang Marissa Mayer.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading