Sukses

Fashion

Strategi Cerdas Belanja Online Saat Harbolnas, Begini Persiapannya...

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di Asia Tenggara. Merujuk data dari penelitian yang digagas oleh TEMASEK dan Google, pertumbuhan e-commerce Indonesia meningkat seiring dengan tumbuhnya penggunaan internet. Pada tahun 2015, terdapat 18 juta orang pembeli online di Indonesia. Angka ini diprediksi tumbuh hingga 119 juta pembeli online pada tahun 2025 mendatang.

Gegap gempita masyarakat Indonesia dalam berbelanja online ini membuat para pelaku e-commerce semakin sayang dengan para pelanggannya. Berbagai macam program diskon, layanan berkualitas, promo gratis ongkir (ongkos kirim), dan lain-lain dilakukan semata-mata untuk memanjakan pada konsumen setianya.

Selain itu, pelaku bisnis e-commerce Indonesia termasuk rutin mengadakan hari-hari istimewa dengan penuh promo dan diskon belanja. Sebut saja kampanye 11.11 November kemarin, kampanye Black Friday, hingga kampanye mendatang yang bisa dibilang puncak dari segala diskon-diskonan e-commerce. Hari tersebut dinamakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang telah dicanangkan dari tahun 2012 lalu.

Meski diskon bertebaran, bukan berarti konsumen lantas belanja sembarangan. Salah-salah, ingin untung malah menjadi buntung karena kalap melihat promo tanpa pikir panjang. Ingat ladies, belanja yang kurang cerdas malah membuat kantong terkuras dan menyesal di kemudian hari.

Untuk menghindari hal tersebut, artikel ini akan menjelaskan secara komprehensif strategi dan persiapan apa saja yang harus Anda lakukan untuk menghadapi Harbolnas 2017. Ibarat menghadapi ujian atau lomba cerdas cermat, Anda harus mendapatkan “kisi-kisi” apa saja yang perlu dilakukan sebelum belanja online di tanggal 12 Desember nanti. Kisi-kisi belanja online tersebut akan memudahkan Anda saat bertransaksi di hari-H.

Registrasi Newsletter
Mungkin awalnya kita akan berpikir “Tidak! Aku tidak mau ada spam di emailku!”. Padahal nih ya, registrasi newsletter itu cukup penting dilakukan. Kenapa? karena biasanya para e-commerce suka memberi kejutan diskon yang mereka kirim hanya melalui e-mail.

Gambar: Langganan newsletter Lazada.co.id/copyright iPrice.co.id

Berlangganan newsletter sangatlah mudah. Umumnya terdapat kotak kecil di bawah halaman utama toko online di mana kita bisa mendaftarkan alamat e-mail. Ketika kita membuat akun di salah satu e-commerce, secara otomatis kita akan berlangganan newsletter yang akan dikirimkan ke kotak masuk e-mail kita.

Membuat Daftar Belanjaan
Cara ini merupakan cara yang paling konvensional dan selalu ampuh untuk mengingatkan kita apa saja barang yang sedang dibutuhkan. Cara ini memang sudah lumrah dilakukan ketika belanja di pasar atau supermarket. Begitu juga ketika belanja online, lakukanlah daftar belanjaan yang kamu butuhkan lengkap dengan brand, ukuran, dan juga harga normal.

Supaya kita benar-benar mendapatkan harga murah, pastikan kita sudah mencatat harga normal dari barang tersebut. Sehingga kita tidak terjebak mitos trik marketing “harganya dinaikin dulu sebelum didiskon” yang kerap dilakukan oleh retail online.

Download Mobile App
Jika kamu jarang membuka e-mail apalagi membaca newsletter dari toko online yang didaftarkan, bisa jadi mengunduh mobile app adalah pilihan yang tepat. Umumnya mobile app ini bisa diunduh di App Store (iOS) dan Google Play (Android). Tujuannya yakni mendapatkan notifikasi supaya kamu tidak ketinggalan diskon-diskon yang ada. Berkaca juga dari Sale 11.11 kemarin, banyak e-commerce yang memberikan notifikasi diskon dadakan di smartphone saat hari H.

Ada beberapa keuntungan jika kamu mengunduh mobile app dari masing-masing e-commerce. Pertama, kamu langsung mengetahui diskon-diskon terbaru melalui notifikasi di smartphonemu. Kedua, mudah dan praktis sehingga kamu bisa belanja di mana saja juga kapan saja. Perlu kita tahu, beberapa toko online juga memberikan kode promo khusus yang hanya berlaku jika pembelian dilakukan melalui app.

Zalora termasuk e-commerce yang paling getol memberikan kode promo melalui app/copyright iPrice.co.id

Bookmark Halaman Khusus Harbolnas E-commerce
Untuk memudahkan kita menemukan diskon barang yang diinginkan, alangkah baiknya jika kita sudah bookmark halaman khusus Harbolnas 2017 para e-commerce kesayangan. Misalnya Lazada, Zalora, Bukalapak, Bhinneka, Tokopedia, Blibli.com, Mataharimall, dan Hijup. Atau, jika kita malas bookmark semua halaman, cukup bookmark halaman iPrice yang berisi diskon semua toko online di Indonesia.

Catat, Catat, dan Catat!
Catat semua strategi belanja yang akan kamu lakukan saat hari-H Harbolnas. Catat toko online yang mau kamu datangi untuk mendapatkan barang idaman. Misalnya “beli laptop Asus Zenbook di Bhinneka”, “beli sepatu Hush Puppies di Zalora”, “beli powerbank di Lazada”, “cari kode kupon di iPrice”, dan lain-lain.

Selain itu catat juga berbagai macam ukuran baik baju, celana, sepatu yang mau dibeli. Apalagi jika kamu berencana untuk membelikan kado Natal atau Tahun Baru untuk sanak saudara, pacar, mantan gebetan, dan lain-lain. Menanyakan ukuran baju mereka jauh-jauh hari akan memudahkanmu saat belanja di hari H, bukan?

Kisi-Kisi Diskon Harbolnas 2017
Di bawah ini terdapat tabel berisi kisi-kisi diskon apa saja yang akan dikeluarkan oleh berbagai e-commerce di Harbolnas mendatang. Kisi-kisi ini bisa Anda gunakan sebagai strategi untuk menemukan diskon yang tepat.

Kisi-kisi diskon Harbolnas/copyright iPrice.co.id

Demi mengetahui lebih detail tentang strategi belanja online di Harbolnas 2017, jangan lewatkan untuk mengunjungi iPrice.co.id ya ladies. Semoga info ini bermanfaat.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading