Sukses

Fashion

3 Tips Memulai Usaha Clothing Line dari Muklay dan Muhammad Sadad

Fimela.com, Jakarta Usaha clothing line kerap dilirik lantaran dianggap menjanjikan dan memiliki industri yang cukup dinamis. Terlebih karena kebutuhan anak muda akan pakaian dengan desain terbaru cukup tinggi.

Setiap penggiat harus menghadapi tantangan cukup sulit lantaran mereka perlu memberikan sentuhan unik agar mudah diingat. Di sisi lain, para penggiat juga diharuskan untuk terus berinovasi untuk memenangkan hati target pasarnya.

Hadir sebagai wadah edukasi kreativitas para penggemar dan penggiat industri fashion, Shopee, e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, turut meramaikan acara Jakcloth YES 2018 melalui BincangShopee bertemakan “Kreativitas Tanpa Batas”.

Acara ini menghadirkan dua sosok yang mempunyai peran berbeda namun berpengaruh di industri clothing tanah air; Muhammad Sadad, Founder dari Erigo Store yang sampai sekarang menjadi salah satu brand favorit anak muda dan Muklay, Seniman Visual handal yang sering berkolaborasi dengan serangkaian brand fashion terkenal.

 

 

Jangan takut untuk membuat konsep yang berbeda

Keduanya berbagi tips dan trik seputar proses kreatif dalam membangun sebuah brand fashion dan bagaimana mengkreasikan brand tersebut agar mempunyai identitas yang kuat dan unik yang dapat diterima oleh pecinta fashion tanah air.

“Hadirnya Sadad dan Muklay kami harapkan dapat memberikan ilmu-ilmu yang dibutuhkan oleh anak muda, sehingga mereka tidak perlu ragu untuk terus berkarya,” ujar Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar.

Simak tiga tips yang dibagikan oleh Muhammad Sadad dan Muklay dalam menciptakan karya yang kreatif dan inovatif di bidang fashion:

Jangan takut untuk membuat konsep yang berbeda

Konsep desain adalah ide di balik sebuah desain. Konsep ini yang akan mendasari logika, pemikiran, serta penalaran untuk bagaimana kamu akan mendesain.

Konsep inilah yang akan menentukan bentuk, warna, dan jenis yang akan dipilih. Jangan takut untuk memilih konsep anti-mainstream seperti menggabungkan nuansa etnik dan modern atau mengusung konsep eco-fashion dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Untuk mendukung proses kreatifnya, cari ragam inspirasi dari majalah maupun internet.

 

Kolaborasi dan inovasi

Kolaborasi dan inovasi

Salah satu strategi untuk membuat kreasi barang fashion yang memiliki value lebih adalah melalui kolaborasi dan inovasi. Menentukan tema yang sesuai dengan tren atau momentum yang ada, misalnya, bisa menjadi salah satu pilihan kolaborasi yang diinginkan.

Tentunya, perlu dipastikan pihak-pihak yang diajak berkolaborasi dapat mewakili tema terpilih dengan baik. Kolaborasi dengan seniman untuk desain jaket jins, atau membuat koleksi desain eksklusif dengan tema tertentu, bisa dijadikan pilihan.

Tentukan channel pemasaran dan promosi yang tepat

Bagi yang tertarik untuk mengembangkan hasil kreasi fashion menjadi bisnis, tentukanlah strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Untuk memulai, tentukan dulu target audiens yang pas. Kalau gaya desainnya bergaya urban dan cocok untuk anak muda, maka penting untuk mengetahui kanal informasi dan platform yang mereka gunakan untuk berbelanja barang fashion. Semoga berguna!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading