Sukses

Fashion

Nila Baharuddin Bawa Songket Palembang Melenggang ke London Fashion Week 2019

Fimela.com, Jakarta Kemajuan industri fashion Indonesia kian pesat dari waktu ke waktu. Para desainer Indonesia berlomba-lomba unjuk gigi di kancah internasional, tak terkecuali Nila Baharuddin yang akan menampilkan karyanya di London Fashion Week 2019.

Dengan mengangkat songket Palembang, salah satu kekayaan asli Indonesia ini akan ia bawa ke panggung mode Internasional bergengsi. Mengusung tema "Jewel of Sriwijaya Kingdom", Nila akan memamerkan 20 busana untuk koleksi autumn/winter 2019.

"Dari kecil saya lihat ibu saya koleksi kain dari Palembang, warnanya bagus-bagus tapi kalau yang lama-lama itu warnanya berat sekali," katanya dalam konferensi pers Nila Baharuddin Goes to London Fashion Week di kawasan kemang, Jakarta Selatan, Senin (11/2).

Tak seperti kain songket pada umumnya yang memiliki warna vibrant dan aksen emas yang kuat, Nila lebih banyak menggunakan warna nuansa earth tone ke London Fashion Week 2019.

2 dari 2 halaman

Pembuatan yang Ramah Lingkungan

Songket Palembang yang digunakan Nila Baharuddin untuk gaun couture rancangannya kali ini dikerjakan secara tradisional oleh para pengrajin. Selain itu, Nila juga menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dalam pewarnaan seperti gambir, mangga, juga kayu secang. Penggunaan bahan alami tersebut diakui Nila menjadikan warna kainnya lebih soft.

Pengerjaan yang manual membuat gaun rancangan Nila jadi istimewa. Untuk setiap motif, hanya 2-3 lembar kain yang akan dihasilkan. Dengan ini pula, ia berharap kain kebanggaan Indonesia ini lebih banyak dikenal di mancanegara seperti batik.

Loading
Artikel Selanjutnya
Aksi 4 Desainer Tanah Air di London Fashion Week 2019
Artikel Selanjutnya
Debut Internasional, Brand Sepatu Lokal Ini Perkenalkan Sunting ke London