Sukses

Fashion

Alasan Logis Pakaian Hitam Membuat Tubuh Terlihat Lebih Langsing

Fimela.com, Jakarta Dunia mode memiliki banyak aturan, seperti pakaian dengan motif garis-garis dapat membuat ilusi tubuh yang lebih lebar daripada yang sebenarnya. Namun, ada satu pernyataan mode yang masih banyak dipercaya hingga saat ini, yaitu menggunakan pakaian berwarna hitam dapat membuat tubuh terlihat lebih langsing.

Ilusi pada pakaian berwarna gelap ini pernah diteliti oleh ilmuwan Jerman bernama Hermann von Helmholtz di abad ke 18. Namun, Hermann von Helmholtz bukanlah yang pertama, di tahun 1500-an, Galileo Galilei juga pernah menemukan hal yang sama tentang cahaya putih yang dipancarkan oleh beberapa planet di malam hari, seperti dilansir dari curiosity.com, Sabtu (16/2/2019).

Tahun 2014, para peneliti di State University of New York College of Optometry menemukan bahwa mata manusia mencoba mengambil setiap cahaya yang ada di dalam kegelapan. Hal ini kemudian membuat sistem visual yang melebih-lebihkan objek cahaya pada latar belakang yang gelap, termasuk yang terjadi pada ilusi yang dihasilkan oleh warna gelap pada pakaian.

Benarkah ilusi tubuh lebih langsing yang dihasilkan oleh pakaian berwarna hitam?

Ini jugalah yang membuat efek samping pada warna pakaian dan penampilan beberapa planet, terutama Venus yang memang lebih cerah di malam hari, sehingga terlihat lebih besar daripada Jupiter yang lebih gelap. Jadi, lain kali ketika memilih pakaian, pilihlah yang berwarna gelap untuk membuat ilusi tubuh yang lebih kecil dan langsing.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Membuat Manisan Tomat Kering yang Tahan Lama
Artikel Selanjutnya
6 Tips Mengelola Stres dari Ahli Gizi