Sukses

Fashion

Cerita di Balik Gaun Aktris Terbaik Oscar Olivia Colman

Fimela.com, Jakarta Momen red carpet Oscar menjadi salah satu hal penting dan menjadi sorotan dunia. Tidak heran, hingga aktris ternama sekalipun akan mempersiapkan gaun terbaiknya. Begitu juga dengan aktris terbaik Oscar 2019, Olivia Colman.

Olivia Colman berhasil memenangkan nominasi best actrees dengan perannya sebagai Ratu Anne di film The Favourit. Siapa sangka aktris terbaik Oscar ini ternyata tidak percaya diri dengan penampilannya saat berpose di red carpet. Oleh karena itu ia mempersiapkan dari jauh hari gaunnya untuk Oscar bersama rumah mode Prada.

"Saya tidak pernah merasa yakin harus melakukan foto saat karpet merah. Menjadi orang lain dalam film itu mudah menjadi saya sendiri adalah siksaan selama acara-acara itu," kata Olivia Colman dilansir dari situs Nytimes, Senin (25/2).

Aktris senior ini menceritakan bahwa dirinya mempercayai Mary Fellowes yang tidak lain adalah sang stylist yang sudah bekerja di Vogue dan mendandani deretan selebritas seperti Tracee Ellis Ross, Liv Tyler, hingga Amy Adams. Menurutnya Mary mengerti cara membuat ia terlihat seperti diri sendiri.

“Olivia adalah wanita yang kuat, ibu yang bekerja, dan pemikir yang mandiri. Dia juga memiliki tubuh wanita sejati. Ini selalu menjadi pertimbangan utama ketika kita berpikir tentang bagaimana dia harus berpakaian,” kata Mary Fellowes.

Sederet brand ready to wear telah menawarkan koleksinya untuk Olivia Colman. Namun aktris terbaik ini memilih berdasarkan yang sesuai dengan pribadinya yang sesungguhnya.

Selain itu, Olivia Colman biasanya hanya akan memilih menggunakan busana dari brand fashion yang memiliki asosiasi penting bagi dirinya, baik itu milik keluarga, menggunakan bahan ramah lingkungan, hingga melibatkan kerajinan perempuan pada proses produksinya.

Seperti gaun hitam dari Stella McCartney terbuat dari bambu daur ulang yang digunakannya pada red carpet Golden Globe Januari 2019. Begitu juga dengan Oscar, ada satu rumah mode yang menjunjung nilai-nilai yang dipercayai Olivia Colman ini.

Mulai dari memeriksa semua bahan yang digunakan dan nilai-nilai sosial dilakukan brand ini secara konsisten. Saat tawaran dari rumah mode yang tidak lain adalah Prada ini kepada Olivia, tidak mungkin ia menolaknya.

"Kedengarannya konyol, tetapi ketika Prada menelepon saya sangat senang sehingga saya hampir menangis. Rasanya seperti bintang-bintang bersatu," tutur Olivia Colman.

 

2 dari 2 halaman

Cerita di balik gaun Prada Olivia Colman di Oscar 2019

Proses komunikasi saat pembuatannya sangat baik. Mary membuat desain sesuai keinginan Olivia Colman di mobil, dan memberikan contoh gaun, kain, dan sulaman dari Prada untuk menjadi pilihan. Prada mewujudkan keinginan gaun sederhana sesuai keinginan Olivia Colman.

"Tim Prada sangat menyenangkan, rasanya seperti mempersiapkan pernikahan. Dan Mary tahu apa yang ingin aku sembunyikan dan apa yang aku benci tentang diriku sendiri lewat pakaian," tambah Olivia Colman.

Maka lahirlah gaun turtleneck A-line panjang tanpa lengan dalam material sutra bernuansa hijau zamrud. Dilengkapi jubah organza sutra abu-abu beraksen bordir bunga dengan lengan panjang.

Dirancang untuk digantungkan di bahu, pada bagian belakang membentuk pita yang menjuntai hingga ke bawah dengan aksen bordir bunga bersulam kristal Swarovski. Tim yang terdiri dari delapan orang dari studio Prada bekerja di sana selama total 120 jam menjelang Oscar. Sementara untuk sulaman itu sendiri membutuhkan 12 pengrajin dengan waktu pengerjaan lebih dari 300 jam.

"Pakaian, pada akhirnya, siap melayani siapa yang memakainya dan apa yang ingin mereka gambarkan tentang diri sendiri, jadi bagian dari momen istimewa Olivia ini sangat menarik untuk kami," kata Miuccia Prada head of desainer rumah mode Prada.

Pada awal berkarir, Olivia Colman dan teman-temannya pernah melewati butik Prada dan saat itu ia mengucapkan bahwa suatu saat nanti, saat dirinya sudah sukses, ia akan mengenakan gaun Prada. Dan hal ini sudah terwujud pada gelaran Oscar 2019.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tren Fashion di Red Carpet Oscar 2019 Kembali ke Era 80-an
Artikel Selanjutnya
4 Kemenangan Film Bohemian Rhapsody di Oscar 2019