Sukses

Fashion

Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Memilih Busana Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Ramah lingkungan juga bisa dilakukan dalam hal memilih busana. Hal ini dinamakan sustainable fashion atau lebih dikenal sebagai eco-friendly fashion, mode yang memperhatikan aspek lingkungan, etika, dan sosial dalam produksi, serta penjualan produknya agar memiliki dampak seminimal mungkin pada lingkungan.

Timberland adalah sebuah label yang bertujuan menggunakan bahan daur ulang, organik, dan diperbaharui pada produk-produk mereka. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika memilih busana ramah lingkungan.

1. Botol air minum daur ulang

Botol air minum plastik telah menjadi sampah terbesar di sungai, laut, dan tempat pembuangan akhir. Sekarang, kamu bisa memilih botol air minum dengan bahan berteknologi polyethylene terephthalate.

Bahan ini berfungsi untuk mengubah botol plastik menjadi bahan untuk membuat sepatu, seperti bot. Seperti bahan ReBolt milik Timberland yang terbuat dari botol minum plastik dan digunakan untuk memproduksi sepatu bot, serta chukka.

2. Katun organik

Tidak seperti katun konvensional yang tumbuh menggunakan bahan kimia, yang mengotori udara, air, dan tanah, katun organik ditanam menggunakan metode minim dampak negatif pada lingkungan. Proses penanaman katun organik menjaga fertilitas tanah, mengurangi penggunaan pupuk beracun, dan memastikan biodiversitas biologis pertanian.

3. Bahan kulit bersertifikasi

Memilih busana berbahan kulit juga harus ramah lingkungan. Leather Working Group adalah asosiasi yang terdiri dari merek, perusahaan manufaktur, dan penyamakan kulit pembuat produk kulit ramah lingkungan, sehingga label-label sadar lingkungan akan selalu mengambil bahan baku dari penyamakan kulit bersertifikat dari LWG.

 

2 dari 2 halaman

Bebas PVC dan bebas PFC

4. Bebas PVC

PVC atau polyvinyl chloride adalah salah satu polimer plastik yang paling umum digunakan. Sifatnya yang tahan air membuat PVC paling banyak digunakan oleh industri mode.

Sayangnya, proses produksi PVC melepaskan kimia berbahaya ke udara, air, dan tanah. Oleh karena itu, usahakan untuk membeli busana dengan bahan mirip seperti PVC, namun terbebas dari polimer plastik ini.

5. Bebas PFC

PFC atau perfluorocarbons adalah senyawa yang sering ditemukan di durable water repellent atau lapisan atas pada perlengkapan outdoor. Sayangnya, sama halnya dengan PVC, proses pembuatan PFC juga melepaskan kimia ke udara, air, dan tanah, sehingga menggunakan peralatan bebas PFC sangat disarankan.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah produk tertentu sudah ramah lingkungan adalah dengan melakukan riset tentang labelnya, memeriksa label yang ada di produk, dan bertanya kepada penjaga toko. Sudah mulai menggunakan produk-produk ramah lingkungan?

Loading
Artikel Selanjutnya
Aksi Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Java Jazz 2019
Artikel Selanjutnya
Tampil Serasi di Hari Valentine Bersama Pasangan dengan Gaya Sepatu Kekinian