Sukses

Fashion

Dua Koleksi Ready to Wear di Fashion Nation 2019 Angkat Unsur Budaya Indonesia

Fimela.com, Jakarta Pada perhelatan Fashion Nation 2019 Jumat (22/03), Senayan City menghadirkan Purana dan Ny by Novita Yunus dalam tema The Future Culture. Menjadi salah satu highlight show Fashion Nation tahun 13th Edition, The Future Culture merupakan bentuk apresiasi Senayan City terhadap fashion designer Indonesia yang mengangkat tema budaya Indonesia pada setiap koleksinya.

Hadirnya The Future Culture diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi para fashion enthusiast untuk selalu bangga menggunakan karya anak bangsa.

The Future Culture juga akan menampilkan ragam koleksi ready to wear di Fashion Nation 2019 yang menggabungkan unsur kain Indonesia yang modern dan modis untuk pecinta fashion tanah air dalam koleksi Purana dan Ny by Novita Yunus.

Purana

Dalam koleksinya kali ini Purana mengangkat tema "The Artisans" yang menggambarkan hasil karya tangan berbagai seniman dalam satu panggung.

Pertama koleksi yang menggunakan tenun tangan dengan detail defected karena menggunakan pewarna alami dalam proses pewarnaan benangnya. Detail tenun banyak muncul dalam two-piece look yang memadukan sarong pants dan outerwear atau atasan potongan androgini.

Kedua, hasil kolaborasi bersama Geoff Todd, seniman asal Australia yang memasukkan hasil lukisan model wanita Indonesia dalam koleksi monokromatik berpotongan simpel dalam palet warna khas F/W.

 

Ketiga, penggunaan teknik patching dengan sashiko (teknik sulam tangan ala Jepang, menggunakan bahan-bahan sisa yang disambung) dan juga munculnya tie-dye dengan teknik pleats yang dikombinasikan dengan color blocking warna-warna tegas.

Pakaian yang wearable dan nyaman mulai dari bentuk flowy maxi-dress hingga atasan dan midi-dress berbahan dasar sutra, ditampilkan dalam total 15 looks. Serta, hadir beberapa items berpotongan rumit yang dapat dikreasikan dalam dua hingga tiga fungsi cara pakai seperti dress yang bisa berubah menjdi outerwear dan sebaliknya, juga outerwear yang bisa dijadikan apron dress dan backpack outerwear yang dinamis. Complicated, edgy, namun berdaya jual tinggi.

NY by Novita Yunus

Untuk menampilkan koleski "NY Thread”, Novita Yunus memilih material kultur Indonesia dalam bentuk kain tenun. Dengan total 17 looks, Novita menampilkan beragam kain diantaranya Tenun Sumba, Tenun Garut, Tenun Tuban, Tenun Flores hingga Songket Bali, serta tenun yang menampilkan Teknik Shibori. Semakin eksotis, beberapa looks akan menampilkan kombinasi Tenun Sumba dengan kulit domba dan kobra.

 

Bermain dalam palet warna hitam, hijau lumut, biru dan coklat, koleksi ditampilkan dalam siluet pakaian fitted namun juga loose. Fashion looks berupa simple dress dipadankan dengan sarung plazzo & loose jacket serta kombinasi over size kimono, boxy T-Shirt & palazzo hadir dengan selop berbahan karung dan serat roselia sebagai pelengkap.

Lalu, aksesoris yang dikenakan model pun berupa syal sutra shibori, syal karung roselia, kalung dari bahan batu dan tulang onta, serta gelang dari batu dan tanduk.

;
Loading