Sukses

Fashion

5 Tips Memilih Boots yang Aman untuk Berkendara

Fimela.com, Jakarta Sepatu boots telah menjadi populer di kalangan pengendara sepeda motor karena tipe sepatu ini menawarkan perlindungan dan daya tahan yang mereka butuhkan ketika berkendara di jalanan. Bukan hanya itu, memakai sepatu boots juga tetap terlihat stylish untuk dipakai di dalam kantor atau mall.

Ketika memilih sepatu boots yang serbaguna, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan beberapa karakteristik untuk memastikan sepatu yang mereka pilih melindungi dan membantu mereka berkendara dengan aman di bawah kondisi jalan atau cuaca apa pun.

Timberland, salah satu produsen sepatu boots yang terkenal di kalangan pengendara sepeda motor, berbagi tips tentang apa saja komponen yang harus dicari dalam sepatu boots untuk melindungi kaki dan menghasilkan pengalaman berkendara yang nyaman.

1. Kulit yang tebal

Sepatu boots kulit memiliki ketebalan yang bervariasi. Untuk pengendara sepeda motor, lebih baik menggunakan sepatu boots yang terbuat dari kulit yang tebal dan fleksibel. Hal ini memungkinkan pengendara sepeda motor menggerakkan kaki mereka dengan bebas serta mendapatkan perlindungan yang layak. Kulit tebal yang tidak mudah robek akan melindungi pengguna dari goresan dan memar seandainya mereka terjatuh atau mengenai benda tajam saat berkendara.

2. Sol karet dengan cengkraman yang kuat

Pengendara sepeda motor akan membutuhkan sepatu boots yang “mencengkram” pijakan kaki sekuat cengkraman di jalanan. Sol karet, seperti sol lug, dengan pinggiran yang dibentuk secara sempurna, menawarkan cengkraman yang kuat di atas jalanan yang licin karena air atau minyak, membuat para pengendara sepeda motor tetap aman. Selain itu, sol diperlukan untuk melindungi kaki dari menginjak benda tajam di jalan.

2 dari 2 halaman

3. Badan boots yang dijahit ke sol

Ciri-ciri sepatu boots yang baik lainnya adalah ketika badan sepatunya dijahit dengan kuat ke sol, tidak hanya dilem. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk memastikan bahwa sepatu boots tidak robek di bagian sol ketika pengendara secara tidak sengaja terjatuh dari kendaraannya. Sol yang dijahit juga membantu daya tahan sepatu dan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya selama bertahun-tahun.

4. Bahan yang tahan banting dalam segala cuaca

Sepatu boots yang dikenakan oleh pengendara sepeda motor harus menjaga kaki agar tetap kering dalam kondisi cuaca apapun. Sepatu boots harus tahan air walaupun terbuat dari kulit yang dipoles, nubuck, atau suede untuk melindungi kaki saat hujan atau ketika secara tidak sengaja menginjak genangan air. Pada saat yang sama, sepatu boots harus memiliki ventilasi yang baik sehingga kaki masih bisa bernafas walaupun cuaca dan jalan panas.

5. Tali sepatu yang kuat

Sepatu boots dieratkan dengan berbagai cara, kebanyakan dengan tali sepatu, meskipun ada beberapa yang menggunakan gesper. Untuk pengendara sepeda motor, tali sepatu menawarkan beberapa keuntungan. Pertama, mereka dapat dilonggarkan atau dikencangkan, terutama ketika pengendara sepeda motor mengenakan kaus kaki. Selain itu, sepatu boots ini dapat dengan mudah dibuka dan dilepas dari jika pengendara sepeda motor jatuh dan terluka. Untuk keamanan ekstra, pengendara sepeda motor harus memilih sepatu boots dengan tali sepatu tebal yang terbuat dari bahan yang keras dan tahan lama, seperti ripcord.

Tentu saja, semakin baik kualitas dan konstruksi sepatu, harganya menjadi semakin mahal. Namun, lebih mahal untuk merawat kaki yang terluka daripada membeli sepatu boots yang berkualitas. Membeli sepatu boots adalah investasi yang layak untuk petualangan yang tak ternilai harganya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Jadinya Desain Sepatu Boots Terinspirasi dari Kaki Alien