Sukses

Fashion

Bukan Item Fashion, Sketsa Milik Karl Lagerfeld Dihargai Puluhan Juta!

Fimela.com, Jakarta Walau sudah tiada, nama Karl Lagerfeld tetap dihormati terutama di dunia fashion. Karya-karyanya pun tetap menjadi favorit di hati banyak pecinta fashion.

Bahkan, kali ini sejumlah karya dari desainer rumah mode Chanel tersebut disebut-sebut akan dilelang. Namun, bukan dalam bentuk item fashion, melainkan sketsa orisinil buatannya, yang disimpan secara pribadi sejak 1960an.

Lelang akan dilakukan akhir bulan April 2019, di Florida. Arsip Lagerfeld yang berjumlah 125 buah tersebut dimulai saat ia masih bekerja sebagai couturier di House of Tiziani di Roma pada masa awal karirnya.

Koleksi ini sangat langka karena desainer asal Jerman tersebut diketahui sering membuang sketsanya.

"Saya membuang semuanya. Perabotan paling penting di sebuah rumah adalah tong sampah. Saya tidak menyimpan arsip saya sendiri, tidak ada sketsa, tidak ada foto, tidak ada pakaian, tidak ada apa-apa," katanya kepada majalah The New Yorker pada 2007.

Dua sketsa

Dua sketsa paling berharga yang termasuk dalam pelelangan, yang akan berlangsung pada 18 April ini, dibuat oleh Karl Lagerfeld untuk bintang Hollywood Elizabeth Taylor.

Sketsa-sketsa itu diharapkan dijual masing-masing sekitar 1.000-3.000 dolar Amerika Serikat (AS). Koleksi portofolio lain yang ditawarkan di lelang diperkirakan mencapai antara 2.000 dan 4.000 dolar AS.

Sketsa yang disertakan dalam pelelangan dengan nilai paling rendah diperkirakan akan mencapai masing-masing antara 500 dan 1.500 dolar AS.

Pelelangan ini diadakan oleh Urban Culture Auctions yang bekerja sama dengan Palm Beach Modern Auctions.

"Sketsa-sketsa ini adalah karya salah satu couturier paling brilian pada setengah abad terakhir. Ini sangat langka dan mungkin tidak akan selamat seandainya mereka tetap berada di tangan Lagerfeld," kata Rico Baca, co-pemilik Urban Culture Auctions.

Lagerfeld meninggal di Paris pada hari Selasa 19 Februari pada usia 85 tahun. Lagerfeld adalah direktur kreatif rumah mode asal Prancis Chanel sejak 1983, dan juga direktur kreatif rumah mode Italia Fendi. Dia meluncurkan label fesyen pribadinya pada tahun 1984.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading