Sukses

Fashion

Belajar Bisnis Fashion, Menciptakan Identitas Brand yang Kuat dari Kekayaan Budaya

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang fashion sebenarnya bukan hanya tentang pakaian atau sepatu yang kamu gunakan, seperti bisnis. Ya, sekarang banyak orang mulai belajar menggeluti dunia fashion tidak semata-mata hanya untuk bergaya, namun juga menghasilkan uang.

Melihat hal ini, Jakarta Fashion Week berkolaborasi dengan Instituto Marangoni mengadakan workshop bertema "Crafting Future: Creating a Strong Brand Identity by Leveraging One's Own Cultural Heritage" bersama Mevin Murden, Director of Education Instituto Marangoni Shanghai Training Centre. Mevin menjelaskan bahwa untuk memulai bisnis fashion, seorang desainer harus berpikir secara global.

Penting untuk berpikir bahwa fashion harus bisa dijadikan sebagai bisnis yang menghasilkan uang.

"Bukan menjual apa yang sudah kamu buat, tapi lebih penting untuk membuat apa yang bisa kamu jual," jelas Mevin ketika workshop berlangsung.

Selain mindset dari desainer itu sendiri, penting untuk memperhatikan konsumen yang akan membeli produk yang dijual nantinya. Menurut Mevin, generasi milenial memiliki banyak perbedaan dengan generasi sebelumnya dalam hal kebiasaan berbelanja barang fashion.

 

 

Memperhatikan kebiasaan konsumen saat ini

Merangkum dari penjelasan Mevin, saat ini, konsumen tidak hanya sebatas membeli barang, namun juga memperhatikan cerita yang ada di baliknya.

"Generasi milenial menyukai storytelling atau sistem penjualan yang melibatkan mereka. Interaksi. Selain itu, banyak konsumen sekarang lebih concern membeli barang yang sustainable," ungkap Mevin.

Fokus dari workshop ini adalah bagaimana para desainer tidak hanya memahami pasar lokal, namun juga dapat menjual produk mereka secara internasional dengan identitas brand yang kuat. Mevin mengakui bahwa desainer Indonesia seharusnya memiliki identitas brand yang sangat kuat, dilihat dari kekayaan budayanya. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Eksotiknya Tenun Indonesia dalam Gelaran JFFF 2019
Artikel Selanjutnya
Ketika Fashion dan Seni Berpadu dalam Memeriahkan HUT RI