Sukses

Fashion

Mengenang Kecintaan Ani Yudhoyono Pada Kain Khas Indonesia

Fimela.com, Jakarta Ani Yudhoyono meninggal dunia pada pukul 11.50 waktu Singapura, Sabtu (1/6/2019). Istri dari presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini telah berjuang melawan kanker darah dan menjalani pengobatan di Singapura sejak awal Februari silam.

Selepas dari jabatan "Ibu Negara", Ani Yudhoyono yang lekat dengan sosok keibuan ini banyak mengisi waktu dengan menyalurkan hobi fotografinya. Hasil bidikan beliau diunggah dalam akun instagram pribadinya, @aniyudhoyono.

Selain pecinta fotografi, Ani Yudhoyono juga merupakan seorang pecinta sekaligus kolektor kain khas Indonesia.

Sempat ditemui di acara Satu Dekade Cita Tenun Indonesia pada November 2018 lalu, Ani Yudhoyono bercerita banyak mengenai koleksinya.

2 dari 4 halaman

Koleksi Kain Nusantara

Ani Yudhoyono bercerita bahwa di rumah, ia memiliki satu lemari khusus untuk menyimpan kain. Koleksi kain itu berasal dari Sabang sampai Merauke.

"Hampir semua daerah di Indonesia saya punya. Karena saat datang ke suatu tempat saya biasa koleksi satu atau dua dan akhirnya banyak sekali," katanya.

Cerita di balik pembuatan atau motifnya adalah poin utama yang membuat Ani Yudhoyono tertarik memiliki kain tersebut. Ketika ditanya mengenai kain favoritnya.

"Dari NTT luar biasa bagus-bagus. Saya senang motif Sumba," kata Ani kepada awak media.

3 dari 4 halaman

Turunan Keluarga

Kecintaan Ani Yudhoyono terhadap kain Nusantara itu ditularkan dari sang Ibu. Menurutnya, ia memiliki ketertarikan tersebut karena kerap melihat ibunya mengenakan kain daerah dalam berbagai kesempatan.

Ia pun berusaha menerapkan hal yang sama pada keluarganya saat ini. Kedua menantunya mulai mengikuti jejak sang mertua menggunakan kain khas Indonesia, para cucunya juga tak ketinggalan. "Sekarang mungkin dia nggak mengerti, pokoknya dipakai saja. Tapi saya kira dengan dibiasakan pakai dari kecil, lama-lama dia akan terbiasa," ucap perempuan bernama lengkap Kristiani Herrawati tersebut.

4 dari 4 halaman

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kebahagiaan Ani Yudhoyono Nikmati Udara Segar Sebelum Meninggal Dunia
Artikel Selanjutnya
Ani Yudhoyono Akan Terbang dan Dimakamkan Besok Hari