Sukses

Fashion

Lewat Seni dan Teknologi Bisa Berbagi untuk Pendidikan

Fimela.com, Jakarta Pendidikan menjadi perhatian semua lapisan masyarakat. Tak terkecuali perusahaan teknologi dan para seniman yang juga turut membantu perkembangan pendidikan demi kecerdasan bangsa. Yang terbaru, OPPO melakukan penggalangan dana sosial dengan melelang tiga unit OPPO Reno 10x Zoom Signature Edition dan tiga unit Limited Edition hasil kolaborasi bersama tiga seniman kebanggaan Indonesia Darbotz, Arkiv Vilmansa, dan Ronald Apriyan.

Total penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan Rp 1 miliar, akan digunakan untuk membantu pengembangan pendidikan dan pengelolaan museum di Jakarta. Menggaet langsung Amir Sidharta dari Sidharta Auctioneer, serta Phillips Auction yang merupakan lembaga lelang bereputasi tinggi di kancah internasional untuk pelelangan karya seni kontemporer. Masing-masing Signature Edition dan Limited Edition berhasil dilelang bersama dengan karya para seniman.

“OPPO berkomitmen untuk mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat, baik itu melalui produk yang kami ciptakan, kolaborasi dengan berbagai pihak, maupun kontribusi terhadap masyarakat. Acara penggalangan dana ini menjadi salah satu wujud nyata komitmen kami untuk Indonesia,” kata Ivan Lau CEO OPPO Indonesia.

Aksi penggalangan dana ini merupakan bagian dari rangkaian Renoscape, sebuah pameran seni penuh kreativitas dan inovasi di Lobi Selatan Plaza Indonesia, yang digelar sejak 31 Juli hingga 31 Agustus 2019. Dalam pameran ini, kamu dapat menikmati karya-karya kreatif perpaduan seni dan teknologi berupa lukisan, karpet, agenda, sertakaos dari Darbotz, Arkiv Vilmansa, dan Ronald Apriyan.

Pada bagian penampang belakang produk ini, terukir karya para seniman yang menonjolkan creative innovation, sesuai dengan semangat yang dibawa oleh OPPO Reno Series. Sementara itu, OPPO Reno 10x Zoom Limited Edition tersedia sebanyak 30 unit untuk masing-masing seri. Selain tiga unit yang telah dilelang untuk penggalangan dana, publik juga dapat membeli Limited Edition tersebut di pameran Renoscape.

Setiap Rp1 juta yang dihasilkan dari pembelian Limited Edition ini akan disumbangkan OPPO untuk tambahan penggalangan dana sosial. Proses pembuatan penampang belakang OPPO Reno 10x Zoom Signature Edition danLimited Edition sendiri terbilang kompleks. Untuk memastikan karya seniman terpampang sempurna, masing-masing karya diukir dari dalam bagian penampang belakang dengan suhu yang diatur sedemikian rupa, sehingga detail karya seniman terlihat dengan jelas.

 

Dana untuk pengembangan pendidikan

Pemilihan untuk mengukir melalui bagian dalam penampang juga ditujukan agar permukaan produk tetap halus dan nyaman digenggam. Proses produksi kolaboratif yang detail ini dilakukan dalam waktu satu bulan penuh dan menjadi tantangan tersendiri bagi OPPO maupun ketiga seniman.

Untuk memastikan hasil penggalangan dana dapat dikelola secara tepat, OPPO bekerja sama dengan Maria Lukito Foundation dan Yayasan Mitra Museum Jakarta. Maria Lukito Foundation merupakan organisasi nirlaba yang memiliki misi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan donasi kepada anak-anak putus sekolah dan beasiswa untuk berkuliah.

 

Dana untuk pengelolaan museum

Sementara Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ) bertujuan untuk memperbaiki pengelolaan museum-museum di Indonesia. YMMJ memiliki harapan bahwa museum-museum di Indonesia dapat menjadi sarana edukatif dan tempat rekreasi yang memberikan pengalaman positif bagi para pengunjungnya.

“Kami menyadari, topik-topik sosial seperti pengembangan pendidikan dan pengelolaan museum membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk perusahaan swasta dan organisasi nirlaba. Aksi penggalangan dana ini adalah salah satu cara OPPO untuk berpartisipasi dalam kolaborasi tersebut,” tutup Ivan.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading