Sukses

Fashion

Air Beras Juga Berkhasiat untuk Rambut, Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Air beras sudah banyak digunakan dalam perawatan kecantikan, khususnya kecantikan kulit. Tapi, tahukah kamu bahwa air beras juga bisa dimanfaatkan untuk rambut?

Suku Red Yao di Huanglou Cina telah menerapkan trik perawatan kecantikan rambut ini sejak zaman leluhurnya. Di desa ini, para perempuan menggunakan air beras untuk keramas sekaligus menutrisi rambut mereka.

Tak heran kalau para perempuan di desa ini memiliki rambut yang amat panjang dan terlihat sehat, sampai dijuluki sebagai 'the land of Rapunzels', salah satu Disney princess yang punya rambut super panjang.

Studi menunjukkan air beras mengandung inositol, karbohidrat yang dapat memperbaiki kerusakan rambut. Inostol tersebut akan bertahan di rambut jadi lapisan pelindung dari berbagai penyebab kerusakan.

Lebih bagus air beras asli, atau yang sudah fermentasi?

Melansir dari StyleCraze, air beras yang telah difermentasi mampu meningkatkan khasiat dari air beras asli. Air beras fermentasi dapat menutup kutikula, menjaga rambut dari kerusakan, menyuburkan rambut sampai ke akar, dan mempercantik rambut secara keseluruhan.

Dalam proses fermentasi itu pula 'pitera' muncul. Zat yang satu ini kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik. Fermentasi air beras mengandung asam, dan ketika kamu memakainya di rambut, pH rambut akan kembali seimbang hingga rambut pun lebih sehat.

Cara membuat fermentasi air beras

- Rendam 1/2 cangkir gelas dalam 2 gelas air

- Diamkan 30 menit

- Saring air rendaman tersebut, simpan dalam toples dan diamkan 2 hari dalam suhu ruang

- Setelah keluar bau asam, pindahkan ke dalam kulkas

- Jika ingin digunakan, campur dengan 2 cangkir air hangat

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sudah Cukupkah Kandungan Protein Rambutmu?
Artikel Selanjutnya
Berhenti Melakukan 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Anak Rambut