Sukses

Fashion

Pesona Lombok Timur Jadi Inspirasi Koleksi Balijava dari Denny Wirawan

Fimela.com, Jakarta Denny Wirawan selalu menghadirkan sentuhan Indonesia dalam rancangannya. Pada Rabu (25/9/2019) di Kembang Goela, Jakarta, Denny Wirawan menggelar pesembahan fashion bertajuk Pringgasela. Koleksi Spring Summer 2019/2020 terbaru rancangannya hadir berkat dukungan dari Bakti Budaya Djarum Foundation dan BCA.

Bertajuk Pringgasela, koleksinya ini rupanya terinspirsi dari keindahan alam Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Pringgasela merupakan nama sebuah desa di Lombok Timur di mana, kehidupan selaras terlihat nyata di mana masyarakatnya masih menjaga warisan budaya leluhur mereka secara kuat melalui Wastra Tenun Sumba.

"Kecintaan terhadap kain tradisional Indonesia dan semangat untuk membawa wastra nusantara ke panggung fashion ini kembali menyatukan Bakti Budaya Djarum Foundation bersama Denny Wirawan untuk mengangkat kain tradisional dengan sentuhan modern agar dapat diterima lintas generasi, khususnya generasi muda. Tenun Sumbawa yang diangkat dalam koleksi ini memiliki makna yang lebih dari sekedar kain, ia merupakan wrisan budaya karena pada masa lalu, seorang gadis harus membuat sebuah tenunan untuk calon suaminya dan juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebuah kain membutuhkan proses yang cukup panjang, untuk itu perlu diangkat ke panggung fashion agar semakin dapat dicintai dan menjadi tuan rumah di negara sendiri," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. 

Keindahan Lombok Timur dalam koleksi terbaru Denny Wirawan

Tenun Sundawa adalah jenis tenun Sumba yang diangkat oleh Denny Wirawan. Tenun ini memiliki motif yang diilhami oleh alam. Motifnya banyak yang bercorak lurus yang terinspirasi dari sungai yang terdapat di Lombok Timur. Tenun yang berasal dari Desa Pringgasela dan telah ditetapkan oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2018 dengan domain budaya Kemahiran dan Kerajinan Tradisional.

Keindahan dari Lombok Timur inilah yang dihadirkan oleh Denny Wirawan dalam koleksi Ready To Wear Deluxe dan Premium Collection. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian dan komitmen Denny Wirawan untuk melestarikana wastra nusantara lewat label Balijava yang didirikannya sebagai lini busana siap pakai menggunakan kain Indonesia sejak 2008 lalu.

Koleksinya menghadirkn potongan minimalis dan memggunakan warna-warna alam. Para pengrajin menggunakan daun nila untuk menghasilkan warna biru muda, ada juga kayu sejaman untun nuansa krem, atau warna hijau muda dengan hasil olahan bunga putri malu. Tertuang dalam 45 set look bergaya etnik modern, koleksinya benar-benar menyajikan kesan fresh dan edgy yang bisa digunakan di segala suasana.

#GrowFearless with FIMELA

 

 
Loading
Artikel Selanjutnya
Gerakan Memperdayakan Perempuan Lewat Produk Fashion
Artikel Selanjutnya
3 Tren Mengenakan Cardigan Sebagai Kaus