Sukses

Fashion

Eksplorasi Batik Marunda dari 3 Label Fashion Kenamaan

Fimela.com, Jakarta Saat ini batik tidak hanya merupakan kekayaan budaya Indonesia saja, namun juga bagian penting dari dunia mode. Salah satunya adalah Batik Marunda yang merupakan kekayaan dari masyarakat di Rusunawa Marunda.

Melalui kolaborasi yang dilakukan oleh Yayasan MEEK Nusantara dengan beberapa label fashion kenamaan di Indonesia, Batik Marunda dieksplorasi dan diharapkan dapat menjadi salah satu mode yang berkelanjutan untuk menyejahterakan masyarakat di Rusunawa Marunda. Ketiga label kenamaan tersebut adalah SamaSama, (X)S.M.L, dan Mira Hadiprana for Indonesia.

Ketiga label ini diberi tantangan untuk mengekplorasi Batik Marunda dan menyesuaikannya dengan identitas masing-masing label. Batik Marunda merupakan salah satu ikon kebanggaan dari Pemprov DKI Jakarta dan memiliki ciri khas yang cukup menarik dibandingkan batik lainnya.

 

Eksplorasi Batik Marundaa

Batik Marunda cenderung memiliki desain flora dan fauna, melihatnya seperti melihat sebuah lukisan. Ketiga label yang telah disebutkan di atas juga mengakui bahwa mengeksplorasi Batik Marunda menjadi sebuah produk mode tidak mudah.

"Sebenarnya Batik Marunda cukup menarik, dari warna dan desainnya. Kesulitannya adalah gambar-gambar di dalam Batik Marunda itu besar-besar, kita harus memikirkan gimana cara membuat pola dan potongan dari Batik Marunda, tanpa menghilangkan ciri khasnya. Itu cukup sulit sih," jelas perwakilan dari label SamaSama ketika ditemui Tim Fimela.

Digelar di La Moda, Plaza Indonesia, Batik Marunda diharapkan dapat lebih diterima sebagai bagian dari kekayaan mode Indonesia melalui aplikasi-aplikasi yang dilakukan oleh ketiga label di atas. Apa kamu juga suka pakai batik?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Wujud Cinta untuk Negeri Lewat Batik
Artikel Selanjutnya
Intip 4 UKM Batik yang Ikut Melestarikan Warisan Budaya