Sukses

Fashion

4 Kreator Lokal Lestarikan Batik Sebagai Warisan Budaya

Fimela.com, Jakarta Sebagai identitas nasional, batik menjadi bagian terpenting dari sejarah kebudayaan Indonesia. Dengan ragam corak dan motif yang beragam, terdapat berbagai helaian batik yang menampilkan seni budaya yang tinggi.

Indonesia sendiri telah memiliki lebih dari 5000 motif baik yang berasal dari Aceh hingga Papua. Dengan masing-masing filosofi dan cerita di balik motifnya. Kebanggaan akan hadirnya batik sebagai warisan budaya ditunjukkan dengan banyaknya kreator lokal yang menggunakan batik.

Dalam rangka hari Batik Nasional, setidaknya kamu perlu melirik empat kreator batik lokal berikut ini.

1. Warangka Batik

Didirikan pada 2015, Warangka Batik menjadi merek yang memiliki idealisme akan untuk melestarikan batik dengan membuat sebuah motif yang penuh makna. Untuk bisa digunakan oleh masyarakat jaman sekarang, Warangka Batik menciptakan desain batik yang modern. Dengan siluet pakaian sehari-hri perempuan yang minimalis modern namun klasik.

2. Rianty Batik

Dengan tema Pesona Budaya Nusantara, Rianty Batik terinspirasi dari warna-warna kehidupan dan berbagai bentuk keindahan nusantara. Rianty Batik cocok digunakan di tempat kerja, pesta, hangout, maupun acara penting lainnya.

 

 

3. Kencana Pajajaran

Hadirnya merek ini menjadikan batik sebagai lini fashion yang mengikuti perkembangan jaman tanpa mengubah pakem fondasi pembuatan batik. Mengusung tema Beauty in Diversity, merek ini memiliki tujuan membawa warisan budaya nusantara ke dunia modern tanpa menghilangkan jati dirinya. Produknya terdiri dari batik tulis hingga batik print dalam bentuk koleksi kemeja pria, blouse, celana panjang perempuan, kemeja perempuan, kemeja anak pria, hingga baju anak.

4. Asana Batik

Bukan hanya sekadar outfit, Asana Batik juga menghadirkan koleksi aksesori yang terinspirasi dari batik kontemporer. Terinspirasi oleh keindahan dan tekstur kain tradisional Indonesia yang beragam, Asana Batik menghadirkan desain batik modern yang dipadukan dengan gaya trendi dan kualitas bahan premium.

 

 

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Wujud Cinta untuk Negeri Lewat Batik
Artikel Selanjutnya
Intip 4 UKM Batik yang Ikut Melestarikan Warisan Budaya