Sukses

Fashion

Fashion Masa Depan dari Botol Plastik Bekas Polesan fBudi di JFW 2020

Fimela.com, Jakarta Botol plastik bekas menjadi bagian dari isu sampah plastik yang semakin memprihatinkan. Sebagai produsen air mineral kemasan, Danone-Aqua tak lepas dari tanggung jawabnya pada lingkungan sejak dulu, sekarang, dan di masa depan.

Danone-Aqua sudah memulai program daur ulang pertamanya sejak tahun 1993. Kini perusahaan merek asli Indonesia memperbesar dan memperluas program tersebut lewat gerakan #BijakBerplastik yang berkolaborasi dengan industri fashion bersama desainer ternama seperti fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, dan seniman Ika Vantiani untuk memperkenalkan fashion berkelanjutan di Jakarta Fashion Week atau JFW 2020.

Salah satu kolaborator Felicia Budi dari fbudi pun berkreasi dan berinovasi dengan material dari botol plastik bekas untuk membuat kain taffeta. Desainer lulusan Indonesia Fashion Forward yang menyelesaikan pendidikan di London College of Fashion ini memang dikenal terampil bereksplorasi pada material terutama konsep fashion ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Maka hadirlah busana see-through dengan nuansa biru tutup botol Danone-Aqua dengan teknik lipit yang rumit dari bahan tafetta dan polyester hasil olahan unit daur ulang (RBU) botol plastik yang dibawakan oleh Kelly Tandiono di panggung Atrium Senayan City, JFW 2020, Jumat (25/10).

Pandangan Visioner

Fabric daur ulang botol plastik tersebut juga dimaksimalisasi dengan potongan asimetris kontemporer seperti yang juga dipakai Content Creator Ayla Dimitri dengan permainan blok warna. Keduanya juga menenteng tas plastik berukuran ekstra yang ikut menyita perhatian. 

"Saya percaya jika keberlanjutan akan menjadi aspek penting di industri fashion dan mengapresiasi pandangan visioner Danone-Aqua di industri ini," ujar Creative Director fbudi Felicia Budi saat gelar wicara bertajuk Inovasi untuk Kebaikan sebelum show dimulai.

Aqua sendiri sudah menginisiasi kolaborasi #Bottle2Fashion dengan salah satu jenama fashion multinasional pada tahun 2017. Dengan memperkenalkan produk fashion berkelanjutan sebagai salah satu cara mengedukasi konsumen untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan sampah.

"Salah satunya dengan memilih dan mendukung produk-produk yang diproduksi dengan memperlihatkan asas keberlanjutan," ujar Danone-Aqua Brand Director Intan Kartika.

 

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA 

FIMELA FEST 2019 hadir kembali dengan berbagai talk show dan kelas inspiratif, 16-17 November 2019. Daftar untuk mengikuti berbagai kelasnya di sini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mulai Gerakan Kelola Sampah Plastik dengan Bijak