Sukses

Fashion

Gucci Rilis Artbook Potret Interaksi Muda Mudi dengan Mitos Yunani

ringkasan

  • Gucci luncurkan artbook berjudul Ωοτοκία (Oviparity) asal Yunani Yorgos Lanthimos
  • Terinspirasi dari Direktur Kreatif Gucci Alessandro lewat portofolio provokatif untuk koleksi Cruise 2020

Fimela.com, Jakarta Gucci merilis artbook edisi terbatas berjudul Ωοτοκία (Oviparity) yang berisi foto-foto karya fotografer, sutradara film dan panggung, produser, dan penulis skenario asal Yunani Yorgos Lanthimos. Ia terinspirasi oleh Direktur Kreatif Gucci Alessandro lewat portofolio gambar yang provokatif untuk koleksi Cruise 2020 yang diambil di Galeri Leda di Vila Albani Torlonia di Roma.

Galeri Leda sendiri dibangun di dalam tanah Vila Albani Torlonia. Galeri tersebut menjadi rumah bagi koleksi patung Yunani dan Romawi yang luar biasa.

Nama Leda diambil dari patung yang ada di bagian tengah yaitu Leda dan Swan. Leda dan Swan merupakan replika patung Yunani dari abad ke-4 SM yang dikaitkan dengan Timotius.

Alessandro Michele mengambil hal itu sebagai inspirasinya untuk pemotretan, yang mengeksplorasi pentingnya nilai sebuah salinan yang memiliki keasliannya sendiri. Sementara judul buku seni, Oviparity, juga mengacu pada mitos Yunani tentang Leda dan Swan.

 

Mitos Yunani Leda dan Swan

karena itu adalah istilah zoologi yang berarti produksi telur oleh seekor binatang; dalam beberapa versi cerita, Leda dirayu oleh Zeus yang mengubah diri dalam wujud angsa. Ia bertelur sebanyak dua butir dan keduanya menetas.

Koleksi gambar karya Yorgos Lanthimos memamerkan pria dan wanita lanjut usia yang didandani menyerupai kulit patung marmer. Mereka berpose seperti patung atau model seniman dan berinteraksi dengan anak-anak muda yang memakai pakaian Gucci penuh warna dan berpola.

Potret tubuh muda dan tua ini berpose saling merangkul atau menyentuh satu sama lain dengan lembut. Kita diajak melihat keindahan antara patung abadi yang indah dan keindahan sementara yang hidup: humanity.

Perpaduan seni, budaya dan sejarah ditangkap sempurna dengan sentuhan mewah oleh lensa Yorgos Lanthimos. Fotografer pemenang penghargaan Cannes dan nominasi Academy Award yang kerap memproduksi dark comedy ini sangat cocok dengan alam mimpi surealis khas Alessandro Michele selama berkarier di Gucci.

 

Biaya Restorasi Galeri Leda

Yorgos Lanthimos juga memotret lookbook Men's Cruise 2020 untuk Gucci. Artbook 'Oviparity' akan diterbitkan pada bulan November dan didistribusikan oleh IDEA Books, penerbit independen yang berbasis di London.

Buku ini juga tersedia di Gucci Garden di Florence dan Gucci Wooster di New York.Hasil penjualan buku ini juga akan diberikan untuk restorasi Galeri Leda di kawasan Villa Albani Torlonia.

Untuk diketahui Vila Albani Torlonia dirancang pada pertengahan abad ke-18 oleh arsitek Carlo Marchionni yang dipengaruhi figur penting seperti Giovanni Battista Nolli, Giovanni Battista Piranesi dan Johann Joachim Winckelmann. Salah satu fungsinya adalah untuk menampung koleksi barang antik bergengsi yang dikuratori Kardinal Alessandro Albani, keponakan Paus Klemens XI.

#GrowFearless with FIMELA 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading