Sukses

Fashion

Nudie Jeans Repair Pertama di Indonesia dan 5 Fakta Menariknya

ringkasan

  • Nudie Jeans Repair hadir pertama di Indonesia dengan garansi reparasi seumur hidup
  • Nudie Jeans ingin mengajak anak muda Indonesia menerapkan gaya hidup fashion berkelanjutan

Fimela.com, Jakarta Nudie Jeans punya banyak penggemar loyal di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Dan sebagai kado akhir tahun, jenama denim dari Swedia ini membuka Nudie Jeans Repair Shop pertama di Indonesia berlokasi di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan.

CEO of Nudie Jeans Australasia Bryce Alton secara antusias menceritkan Nudie Jeans sebagai pionir dalam sustainability fashion atau fashion berkelanjutan yang kini menjadi isu besar dalam industri mode dunia. Sejak awal diperkenalkan pada tahun 2001 di Goteborg oleh Maria Erixon Levin, Nudie Jeans memang fokus dengan dengan hal tersebut dari hulu sampai hilir.

Ya, denim memang dikenal sebagai salah satu fashion item untuk pemakaian jangka panjang. Namun dampak produksinya terhadap lingkungan sangat signifikan, seperti membutuhkan jumlah air dan konsumsi bahan kimia yang tak kalah banyak.

Nah, bagaimana dengan program keberlanjutan yang diterapkan Nudie Jeans bagi lingkungan dan sosial? Berikut fakta-fakta menarik dari Nudie Jeans dan Nudie Jeans Repair yang tergabung dalam Fair Wear Foundation, di mana merek tersebut mendapat penghargaan Best Practice Award pada tahun 2014;

100 Persen Terbuat dari Kapas Organik Tersertifikasi

Artinya nol penggunaan bahan kimia dalam proses pembuatannya sehingga tidak membahayakan para pekerja dan tanah area tanam kapas masih dapat digunakan untuk tanaman pokok lainnya sebelum waktu panen kapas.

Reparasi Jeans Gratis Seumur Hidup

Sesuai namanya, Nudie Jeans Repair menyediakan jasa reparasi jeans tanpa dipungut biaya alias gratis. Nudie Jeans diperbaiki dengan special union machine yang dilakukan tenaga ahli sehingga dapat terus dipakai lagi. 

"Ini juga cara kami memastikan keberlanjutan dari setiap produk lewat penyediaan repair service. Gratis. Kalau setelah diperbaiki masih rusak, silakan bawa lagi, tetap gratis seumur hidup," ujar Bryce Alton bersemangat saat pembukaan gerai pertamanya, Kamis (19/12).

Menerima Jeans Lama untuk Didaur Ulang

Saat sudah bosan dengan model atau mulai kesempitan karena bentuk tubuh berubah, Nudie Jeans akan memberikan potongan 20 persen untuk ditukar dengan jeans lamamu. Sebab nantinya Nudie akan mendaur ulang jeans yang sudah usang ke bentuk lain yang layak digunakan, seperti patch, karpet, sampai selimut yang akan dirilis pada tahun 2020.

"Kami ingin Nudie Jeans yang kami produksi kembali ke kami lagi. Hingga tahun 2018, kami memperbaiki 55.173 lembar denim, 2.932 lembar denim layak pakai terjual kembali secara global, dan 10.577 lembar denim bekas dikumpulkan untuk diolah kembali," lanjutnya.

Memproduksi 1 juta jeans dalam 1 tahun

Menurut data dalam 1 tahun terdapat lebih dari 1 miliar produksi jeans dari retail fashion seluruh dunia. Dan Nudie Jeans menyumbang 1 juta jeans dalam 1 tahun yang menjadi patokan produksi maksimal.

Dengan semangat keberlanjutan, Nudie Jeans mengajak pecintanya di Indonesia untuk berkomitmen untuk menerapkan semangat keberlanjutan untuk mendukung dunia lebih baik dan tetap tampil stylish di saat bersamaan.

"Nudie Jeans Repair Shop menjadi sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dengan konsep keberlanjutan yang berkembang di Indonesia. Indonesia dipilih karena kondisi market yang sangat positif dan kami meyakini dengan dibukanya Repair Shop akan memenuhi permintaan pengguna Nudie Jeans," tutup President Director of The 707 Company Marcel Lukman.

Simak Video Menarik Berikut

#GrowFearless with FIMELA 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Brand Fashion dan Seniman Lokal Hadirkan Live Painting untuk Jeans