Sukses

Fashion

Pilihan Outfit yang Tepat untuk Wawancara Kerja di 2020

Fimela.com, Jakarta Diperlukan persiapan yang matang untuk melakukan wawancara kerja. Tahapan ini menjadi salah satu tahap yang menentukan apakah kamu bisa diterima bekerja atau tidak.

Selain berkas yang lengkap, kamu perlu tahu seperti apa outfit yang tepat untuk dikenakan ketika wawancara kerja. Melansir dari Real Simple pada Jumat (3/1/2020) ternyata kamu tidak perlu terlalu pusing memikirkan outfit apa yang dikenakan. Karena hal tersebut bukanlah satu-satunya yang harus kamu pikirkan.

Kamu perlu memiliki bagaimana kamu menampilkan diri secara keterampilan, keingintahunan, kepribadian, dan kecerdasaan. Untuk menampilkan hal tersebut pertama kali justru bukan ketika sesi wawancara kerja. Melainkan sejak kamu berjumpa dengan pewawacara. Sehingga outfit yang kamu kenakan harus membantu menonjolkan kualitas terbaik.

Buatlah dirimu merasa nyaman, percaya diri, dan sempurna untuk sesi wawancara kerja tersebut. Dengan berpakaian yang tepat akan menunjukkan pada pewawancara bahwa kamu sudah meluangkan waktu untuk memperhatikan apa yang kamu kenakan secara serius serta paham dengan budaya perusahaan.

 

Pilihan outfit wawancara kerja

Lantas, apa yang harus dikenakan? Secara umum adalah gaun hitam atau setelan jas dengan heels menjadi outfit di hampir setiap wawancara kerja. Namun, kamu bisa mengembangkannya dengan gaun selutut atau lengan panjang.

Jika kamu melamar di perusahaan yang lebih santai, kamu gunakan kulot, blouse, dan sepatu hak tebal. Sementara, jika wawancara kerja di tempat yang sangat formal, seperti gedung perkantoran, kamu bisa gunakan gaun hitam atau biru yang klasik menjadi ide yang tepat.

Selain outfit, tatanan rambut pun perlu diperhatikan. Kamu bisa gunakan hairspray atau jepit rambut ekstra untuk menjaga rambut-rambut pendek yang menghalangi pandangan.

 

Tidak nyaman dan percaya diri jadi kesalahan besar

Namun, satu hal yang paling penting. Padu padan yang tepat untuk memberikan impresi yang baik. Gunakan celana panjang biru atau hitam yang dipadukan dengan kemeja putih bersih. Jika tidak suka menggunakan heels, kamu bisa gunakan flatshoes untuk membuatmu merasa nyaman.

Kesalahan terbesar dalam memilih outfit wawancara kerja adalah mengenakan apa yang membuatmu tidak nyaman dan tidak percaya diri. Sehingga fokusmu bukan lagi pada menunjukkan potensimu secara maksimal, melainkan memikirkan kenyamanan dengan outfitmu.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Jawaban Terbaik untuk Pertanyaan Ekspektasi Gaji Saat Wawancara Kerja