Sukses

Fashion

Khanaan Shamlan Beri Tips Tetap Cantik Saat Ramadan di Rumah Saja

Fimela.com, Jakarta Selama menjalani Ramadan di tengah pandemi virus corona, para desainer busana muslim memiliki cara tersendiri untuk tetap tampil cantik. Salah satunya Khanaan Shamlan. Desainer yang fokus pada batik ini mengungkapkan bahwa dengan tetap tampil cantik akan mempengaruhi suasana hati, sehingga tetap produktif meski harus di rumah saja.

Sebagai desainer tanah air, Khanaan mengungkapkan bahwa dia tetap produktif di tengah pandemi virus corona. Meski harus kerja dari rumah atau WFH (work from home), namun tidak membuat kegiatan dari brand-nya terhambat. Selain itu, dirinya merasa semakin produktif dengan membagi waktu bersama anak-anak yang harus berlajar dari rumah.

"Sebetulnya untuk pekerjaan Alhamdulillah masih berlangsung walaupun dengan sistem WFH. Saya sendiri kantor memang lokasinya di sebelah rumah jadi masih ngantor seperti biasa sambil menjadi guru untuk anak-anak yang sekarang learn from home," kata Khanaan Shamlan saat dihubungi Fimela, Jumat (8/5/2020).

Tantangan yang dihadapi Khanaan adalah kegiatan yang biasa dilakukan secara langsung, kini harus dialihkan secara virtual. Bahkan beberapa kegiatan harus ditunda untuk waktu yang belum bisa ditentukan.

"Bedanya di tengah kondisi ini meeting dan fitting dengan client yang biasanya dilakukan di butik Cipete terpaksa harus ditunda dan dikomunikasikan secara online," tambah Khanaan.

Khanaan Shamlan memberikan tips untuk tetap tampil cantik saat di rumah saja. Padu padan busana dengan cutting dan material yang nyaman, ditambah dengan sedikit pulasan makeup sederhana membuatnya tetap berpenampilan cantik selama bekerja dari rumah.

"Aku pikir sebagai perempuan berpenampilan rapi dan cantik itu mempengaruhi mood kita. Jadi usahakan tiap pagi tetap makeup walaupun tipis meski tidak kemana-mana. Bisa juga memilih baju sesuai mood hari itu, misalnya hari ini aku pakai yang lebih nyaman seperti bahan rayon untuk aktivitas memasak di dapur dan bermain bersama anak. Sesekali pakai kaftan dengan detail cantik untuk buka bersama keluarga. Bisa juga outer atau top dengan motif batik print untuk zoom meeting," papar Khanaan.

Untuk koleksi Ramadan dan Lebaran Khanaan mengungkapkan bahwa dirinya tidak mengalami kendala yang berarti meski sedang menghadapi pandemi. Hal ini karena koleksi Ramadan sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Tahun ini Khanaan menyiapkan 3 koleksi berbeda untuk menyambut Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

1. Khanaan x Zalora

Koleksi ini memiliki material yang nyaman dengan komposisi rayon viscose. Inspirasinya didapat dari koleksi pertama ready-to-wear khanaan yaitu #khanaanlingir pada tahun 2015/2016. Koleksi #khanaanlingir ini adalah salah satu turning point dalam perjalanan bisnis ready to wear Khanaan. Koleksi Khanaan x Zalora ini tetap dipercantik dengan detail beadings dalam warna nude, dusty Pink, dan navy.

"Karena tantangan dari market waktu itu adalah mereka mau baju yang mereka lihat bisa langsung dibeli dengan harga lebih affordable. Jadilah khanaan membuat koleksi ready-to-wear walaupun tidak mudah mengolah batik menjadi baju siap pakai, karena batik handmade dan harus memperhatikan konsistensi proses pewarnaan," tambah Khanaan.

 

2. Khanaan Spring Summer 2020

Ini adalah koleksi terbaru Khanaan Spring Summer 2020, #khanaanss2020. Dengan material sutra yang flowy dan detail beading, koleksi ini diperkenalkan pada akhir Maret tahun ini. Koleksi ini mengusung warna pastel seperti nude, Pink, grey, turquoise, dan juga beberapa warna hitam.

"Koleksi ini adalah hasil concept development dari koleksi couture terakhir Khanaan #khanaansedasa yang terinspirasi dari 10 tahun perjalanan proses kreatif Khanaan dalam industri fashion. Koleksi #khananass2020 adalah koleksi ready to wear Khanaan untuk menyambut Ramadan dan Hari Raya 2020. Untuk koleksi ini Khanaan juga bekerjasama dengan Masari," kata Khanaan.

 

3. #Khanaansedasa

Koleksi ini masih merupakan bagian dari koleksi #khanaanss2020 yang terinspirasi dari #khanaansedasa. Bedanya adalah koleksi yang diluncurkan akhir April 2020 ini adalah material yang digunakan adalah organza dan tidak menggunakan teknik batik tapi menggunakan teknik bordir untuk membentuk motifnya.

"Koleksi ini adalah salah satu koleksi khanaan yang tidak menggunakan teknik batik meskipun motifnya tetap diambil dari batik kontemporer khanaan. Ini merupakan limited collection dengan warna black dan greyish blue dengan sentuhan warna gold," tutup Khanaan.

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Lockdown Usia, Gerai Fashion di Paris Dibuka Kembali
Artikel Selanjutnya
Virus Corona Rugikan Miliader Louis Vuitton hingga Rp 448 Triliun