Sukses

Fashion

Rekomendasi 3 Jenis Kain yang Nyaman untuk Berhijab

Fimela.com, Jakarta Bagi para hijabers, pasti kalian punya banyak referensi model hijab yang kekinian hingga info jenis kain yang biasa digunakan untuk hijab. Mengingat fenomena hijabers kini tengah berkembang pesat, tidak heran jika varian jenis kain hijab pun jadi beragam.

Bentuk hijab sendiri juga kini tidak hanya segi empat, ada pashmina sampai hijab instan yang bisa kamu kreasikan atau kamu kenakan untuk momen lebaran nanti. Kreasi hijab juga tak kalah berkembang, jika biasanya kamu hanya menggunakan gaya yang biasa saja, kini kamu bisa dengan miudah menemukan inspirasi gaya hijab yang modis dan cantik.

Namun, sebelum kamu berkreasi dengan berbagai macam gaya hijab, kamu perlu tahu soal jenis – jenis kain yang biasa digunakan untuk hijab. Hal ini penting terutama bagi kamu yang memang menggunakan hijab sehari-hari karena pastinya jenis kain yang kamu pakai juga harus membuatmu merasa nyaman alias tidak panas ataupun membuatmu gerah.

Nah, buat kamu yang tiba-tiba jadi kepo dengan jenis kain yang biasa digunakan untuk hijab perlu menyimak artikel ini. Fimela.com akan membagikan informasi 3 jenis kain yang nyaman untuk berhijab. Mari simak info selengkapnya dibawah ini.

Kain Chiffon

Jenis kain pertama yang nyaman untuk berhijab ialah jenis kain chiffon. Chiffon atau sifon merupakan bahan yang paling sering digunakan sebagai hijab dan terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis.

Meskipun termasuk jenis kain yang tipis dan licin namun, sifon sangat digemari oleh para muslimah karena bahannya yang ringan, lembut, dan mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai macam model hijab. Agar tidak tembus pandang, kamu bisa menggunakan dalaman kerudung sehingga tidak perlu khawatir rambutmu akan terlihat.

Jenis kain ini memberi kesan elegan bagi pemakainya sehingga sangat cocok dikenakan pada acara formal. Beberapa muslimah juga biasa menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari karena simple dan ringan.

Sayangnya, kain jenis ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang suka beraktivitas di lapangan atau pada saat cuaca panas karena bahannya tidak menyerap keringat. Selain itu, kekurangan lainnya ialah jenis kain ini mudah terlihat kusam, maka dari itu kamu harus memperhatikan kebersihan saat mengenakannya.

Kain Voile

Jenis kain yang nyaman untuk berhijab selanjutnya ialah jenis kain voile. Voile bisa dikatakan sebagai jenis kain yang paling digemari oleh banyak muslimah saat ini. Tekstur kain ini halus dan lembut juga ringan sehingga sangat cocok jadi pilihan untuk dikenakan sehari-hari.

Voile juga termasuk jenis kain yang menyerap keringat, tidak seperti chiffon, kain jenis ini tidak akan memberimu masalah ketika dipakai saat siang hari atau pada cuaca panas. Bahan voile sendiri terbuat dari kapas tetapi ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra maupun polyester.

Sama seperti kain chiffon, voile juga memiliki kekurangan yakni, karena bahannya tidak begitu lentur sehingga sulit untuk dikreasikan. Selain itu, voile juga mudah robek sehingga kamu harus berhati-hati saat menggunakannya terutama serat kainnya mudah rusak karena pemakain jarum atau peniti yang kurang tepat.

Kain Sutera

Ketiga, jenis kain yang nyaman untuk berhijab selanjutnya ialah kain sutera. Kain ini tipis dan lembut serta masuk kedalam golongan jenis kain yang cukup mahal harganya. Tidak mengherankan karena bahan kain ini lembut dan juga dingin saat dipakai sehingga kamu pasti akan merasa nyaman mengenakannya.

Biasanya kain sutera dihadirkan dengan berbagai macam motif yang akan membuat tampilanmu jadi semakin anggun. Selain itu, kain jenis ini juga merupakan pilihan tepat untuk kamu kenakan pada saat acara pesta atau acara formal lainnya.

Namun sayangnya, untuk kain yang tergolong mahal ini kamu harus merawatnya secara khusus, tidak bisa disamakan dengan jenis kain hijab lainnya. Hal ini karena kain sutera merupakan jenis kain yang mudah luntur serta mudah kusut juga. Maka dari itu, untuk pencuciannya tidak bisa digabungkan dengan hijab lain.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Aktif dan Nyaman Beraktivitas di Rumah dengan Koleksi Berkualitas dari Uniqlo
Artikel Selanjutnya
Inspirasi Gaya Busana Kate Middleton Selama Work from Home