Sukses

Fashion

Menghadapi New Normal, Ini Prosedur Kesehatan di Industri Ritel Perhiasan

Fimela.com, Jakarta Kondisi new normal akan sedera dihadapi masyarakat di Indonesia. Masyarakat akan mulai kembali melakukan aktivitas mereka namun dengan protokol kesehatan dan tetap mengutamakan keselamatan agar tidak terpapar virus corona. Kondisi new normal ini juga dilakukan oleh industri ritel perhiasan.

Central Mega Kencana (CMK) sebagai payung perusahaan peritel perhiasan lokal di Indonesia yang membawahi sederet brand besar yakni Mondial, Frank & co., Miss Mondial, dan The Palace Jeweler akan memulai new normal dengan kembali membuka seluruh gerai perhiasan yang tersebar di seluruh Indonesia setelah menutupnya sejak 27 Maret lalu.

“Kami mempersiapkan diri untuk membuka kembali seluruh gerai perhiasan serentak di seluruh Indonesia dengan menyusun SOP yang baru berdasarkan anjuran pemerintah, tindakan ini perlu kami terapkan sebagai "New Normal‟ karna kesehatan dan kenyamanan pengunjung gerai adalah prioritas utama,” kata Petronella Soan Direktur Operasional PT. Central Mega Kencana.

Berikut adalah prosedur kesehatan baru yang diterapkan CMK sebagai bentuk new normal sejak dibuka kembali gerai perhiasannya, yang dirangkum Fimela, Selasa (2/6/2020).

1. Pengunjung Store

- Pengecekan suhu: Pengunjung gerai perhiasan CMK yang akan masuk, wajib dicek suhunya terlebih dahulu oleh GSO (General Service Officer) dalam hal ini adalah security menggunakan thermo gun.

- Booth higienis: Pengunjung gerai perhiasan CMK akan diarahkan oleh GSO ke booth higienis untuk melakukan disinfeksi diri saat masuk ke dalam area.

- Wajib menggunakan masker: Setiap pengunjung yang tidak membawa masker dapat mengambil di booth higienis dan wajib mengenakannya selama berada di dalam area gerai perhiasan CMK.

- Jumlah maksimum pengunjung: Jumlah maksimum pengunjung adalah sebanyak 5 orang. Jika sudah 5 orang di dalam, maka pengunjung ke-6 harus menunggu terlebih dahulu sampai ada yang keluar untuk dapat masuk kedalam gerai perhiasan CMK. Termasuk di dalam peraturan ini bahwa semua gerai CMK tidak diperbolehkan mengadakan acara atau keramaian sampai batas waktu yang ditentukan.

- Pengaturan jarak kursi: Tempat duduk pengunjung baik pada meja display ataupun sofa diberikan pengaturan minimal berjarak 1 meter supaya tidak saling berdekatan.

 

2. Jewelry Representatives

- Wajib menggunakan masker: Seluruh Frontliners diwajibkan untuk menggunakan masker yang telah disediakan dan mengganti setiap 4 jam sekali selama berada di area gerai perhiasan CMK.

- Pengecekan suhu: Seluruh Frontliners juga diwajibkan untuk dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Jika suhu tubuh melebihi suhu 37,5 derajat celcius, maka disarankan untuk pulang (tidak memasuki area gerai terlebih dahulu).

- Pemakaian hand sanitizer: Diwajibkan untuk memakai hand sanitizer secara berkala, sebelum melayani pengunjung, di tengah proses interaksi, dan ketika selesai melayani pengunjung.

- Pengaturan jarak kursi: Pengaturan kursi antar Frontliners minimal berjarak 1 meter (tidak saling berdekatan) dan dilarang untuk berkerumun di area gerai.

- Hindari kontak fisik: Diwajibkan untuk menghindari kontak fisik dalam bentuk apapun dengan pengunjung (disarankan untuk memberikan salam namaste daripada berjabat tangan).

- Pembersihan mesin EDC: Mesin EDC wajib dibersihkan dengan alkohol 70% menggunakan kapas atau tissue bersih sebelum pengunjung memasukkan pin di mesin EDC tersebut, dan kembali lakukan disinfeksi setelahnya.

- Cashless: Menganjurkan pengunjung untuk membayar cashless menggunakan kartu debit, kredit, atau dengan metode transfer.

- Minuman bersegel: Menyuguhkan minuman yang bersegel dan dengan kemasan satuan untuk setiap pengunjung, minuman saji di dalam gelas tidak lagi diperbolehkan.

- Kemasan makanan satuan: Menyajikan makanan dengan kemasan satuan (contoh cookies yang dibungkus satuan atau roti masih dibungkus plastik). Dilarang untuk menyajikan makanan langsung dari piring tanpa adanya bungkus kemasan itu sendiri.

3. Produk dan toko

- Pembersihan produk: Sebelum dipajang, produk wajib dibersihkan menggunakan alkohol 70%.

- Produk yang akan dicoba: Sebelum dan sesudah produk dicoba oleh pengunjung harus kembali disterilkan.

- Edukasi pembersihan: Jika pengunjung telah membeli produk, Frontliners wajib untuk memberikan edukasi cara pembersihan dan perawatan perhiasan yang baik dan benar.

“Protokol kesehatan baru pada industri retail tersebut telah kami modifikasi untuk industri ritel perhiasan yang diberlakukan oleh CMK dan tetap kita berharap dapat melihat penurunan angka positif corona sambil memulai kembali menjalankan bisnis,” tutup Nella.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading