Sukses

Fashion

Peluang Berkarir di Dunia Fashion Semakin Menjanjikan

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak yang mengira bahwa ditengah krisis yang sedang melanda dunia saat ini justru memperkuat kebutuhan akan sentuhan orang- orang yang memiliki banyak ide seni dan kreatifitas di pikiran mereka.

Hal ini ditandai dengan munculnya media-media baru yang menampikan jenis seni dalam format media yang baru. Kunci dari Inovasi Baru di bidang industry seni adalah kreatifitas dan originalitas. Dua bidang seni yang saat ini sangat digemari generasi millenal adalah Fashion dan musik. Apa saja ruang lingkup dua bidang tersebut? Dan bagaimana memulai karir di bidang tersebut yang diprediksi semakin menjanjikan di masa depan?

Fashion design menjadi salah satu bidang kreatif yang banyak diminati. Data yang dirilis Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), industri fashion di Tanah Air menyumbangkan 18% pendapatan ke kas negara tahun 2019 yakni senilai Rp 1,5 triliun yang sebagian besar disumbangkan. Dari data ini menunjukkan, bahwa peluang berkarir di industri ini cukup menjanjikan.

Berbicara mengenai tren fashion, setiap tahunnya pasti berubah dan berkembang, tidak ada kepastian namun selalu terisi dengan kejutan di setiap tahun. Hanya bagaimana pelaku-pelaku industri di dalamnya harus bersaing dengan itu agar tetap berada di atas pasar.

Selain itu, prospek kerja di dunia fashion sangat terbuka lebar. Peluang sebagai Entrepreneur dengan mengembangkan merk fashion sendiri, atau pun bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki merk ternama di dunia pun bisa menjadi pilihan.

Pulang karir apa saja di industri fashion yang bisa kamu coba? Fashion Designer, Fashion Stylist, Fashion Editor / Jurnalist / Consultant, Visual Merchandiser, Fashion Business, Retail Management, dan Buyer.

Kuliah jurusan fashion

UIC Collaege pun menghadirkan jurusan fashion yang banyak diminati. Head of Campus UIC College BSD Aimee Sukesna mengatakan untuk jurusan Fashion kurikulum di UIC Collage dibuat agar siswa tidak saja belajar teori dan praktek tetapi juga membekali dengan ilmu bisnis. Sehingga ketika lulus dari program tersebut, profesi yang akan disandang pun cakupannya lebih luas dan tidak terbatas sebagai Fashion Designer, tetapi bisa juga yakni sebagai Fashion Business Owner, Fashion Merchandiser, Fashion Buyer, Fashion Stylist, Textile Designer, Fashion PR dan Fashion Marketing.

Dalam pembelajarannya mereka belajar secara menyeluruh bagaimana menjadi pelaku industri, untuk fashion, siswa akan mempelajari Professional Development, Contextual Studies, Individual Project (Pearson Set), Techniques and Process, Computer Aided Design (CAD), Fashion and Textile Practices, Pattern Cutting and Garment Making serta Visual Merchandising di tahun pertama kuliah di luar negeri.

"Sementara ditahun berikutnya akan mendapatkan pengetahuan mengenai Creative Entrepeneurship, Professional Practice, Applied Practice Collaborative Project, Advanced Fashion Studies, Branding and Identity, Styling serta Conceptual Practices," ujar Aimee.

Menurut Aimee, dengan gairah yang besar, maka akan semakin banyak sekolah audio, fashion, animasi, film dan bidang-bidang kreatif lain yang dapat melahirkan talenta berkualitas dan membuat industri kreatif Indonesia semakin mendunia.

“Dengan majunya pendidikan di bidang tersebut, maka akan makin banyak talenta Indonesia yang terasah, harapan kami kedepannya, tenaga ahli Indonesia lah yang dijadikan konsultan audio di kancah internasional untuk bidang tata suara, dan juga semakin banyak Fashion Brand Indonesia yang di kenal secara internasional. Karena sebenarnya jika kita bisa di asah dengan baik, keunggulan Indonesia di bidang Seni Kreatif adalah Seni suara dan Fashion, karena kita memiliki perpaduan berbagai macam kultur dan budaya yang bisa di jadikan nilai tambah ketika membuat karya di bidang suara dan musik serta tata busana (Fashion)” tambah Aimee.

Program Diploma UIC College menawarkan pengembangan karir dengan mendorong siswa/i secara aktif sehingga mereka tumbuh menjadi sosok pemikir kreatif yang dapat memberikan kontribusi untuk sektor-sektor publik yang relevan dari industri musik maupun fashion. Siswa/i UIC College dilatih untuk mampu mengembangkan kemampuan berpikir praktis dan interpersonal mereka.

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Gaya Fashion Muslim dari Tren Summer 2020 Styling Seviq Febinita
Artikel Selanjutnya
Serunya Jalani New Normal dengan Koleksi Masker Kain Berbahan Anti Bakterial