Sukses

Fashion

Selain Makanan, Bisnis Fashion Paling Dicari di Instagram Saat New Normal

Fimela.com, Jakarta Pandemi COVID-19 atau virus Corona tentu membawa berbagai tantangan di hampir seluruh sektor. Namun, pandemi ini juga membawa peluang baru, terutama bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Sejak pemerintah mengumumkan penerapan PSBB transisi hingga memasuki era new normal seperti sekarang ini, para pelaku UMKM mulai bangkit. 

Di tengah geliatnya sektor bisnis yang mulai kembali bangkit, bisnis makanan menjadi salah satu sektor bisnis yang paling dicari masyrakat. Namun, bukan hanya itu saja, tetapi bisnis fashion pun juga banyak diminati masyarakat, terutama yang memasarkannya lewat Instagram. 

Hal ini terbukti dari banyaknya tagar yang berhubungan dengan fashion masuk 10 besar hashtag yang paling banyak dicari di Indonesia. Antara lain, #fashion, #hijab, #bajumurah, #newnormal, #gamis, #onlineshop, #gamissyari, #hijabers, #hijabstyle, dan #dress. 

Sementara itu, sepanjang Juni lalu, Pieter Lydian, Country Director untuk the Facebook Company di Indonesia mengadakan bincang bisnis bersama beberapa figur publik yang sukses berbisnis di Instagram, seperti Dimas Beck, Zaskia Adya Mecca, dan Luna Maya. Lewat serangkaian sesi Instagram LIVE, mereka memberikan beberapa tips praktis seputar strategi berbisnis di Instagram. 

1. Analisa Interaksi Konsumen

CEO dan pemilik bisnis @lunahabit, @namabeauty.co, dan @macama.id, Luna Maya menyarankan untuk menganalisa interaksi konsumen. Juga performa penjualan dan karakteristik konsumen secara berkala. Analisa bisnis ini sangat membantu para pemilik bisnis untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif. 

2. Tonjolkan Karakter Bisnis

Data internal Instagram menunjukkan, 2 dari 3 pengunjung Profil Bisnis di Instagra, bukan berasal dari followers. Karena itu, Feed profil bisnismu harus bisa menjadi etalase online saat orang membukan profile bisnismu. 

3. Gunakan IGTV dan IG LIVE

Pemilik bisnis fashion muslim @meccanismindonesia, @biabyzaskiamecca, dan @zaskiamecca_id, Zaskia Adya Mecca, menyarankan untuk menggunakan IG LIVE yang akan membantumu mengadakan online bazaar yang interaktif. Juga, IGTV untuk berbagi konten yang lebih panjang, seperti tips mix-match fashion, tutorial make up, kreasi masakan, dan topik-topik diskusi lainnya.

4. Jaga Interaksi

Interaksi antara followers dan juga pelanggan juga harus dijaga. Kamu bisa memanfaatkan kolom komentar dan Direct Message untuk menjawab berbagai pertanyaan calon pembeli. Jangan lupa, kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur kreatif di Stories seperti polling, stiker pertanyaan, kuis, dan sebagainya untuk meningkatkan interaksi. 

4. Perkaya Ilmu

Terakhir, Dimas Beck, pemilik @umaracatering, @laukitaindonesia, dan @lumpang_emas juga menyaranakan untuk terus memperkaya ilmu seperti formula yang tepat dalam merancang strategi bisnis sesuai dengan situasi terkini.

#ChangeMaker

 

Simak Video Berikut

;
Loading