Sukses

Fashion

Ketahui 4 Efek Buruk Pada Kaki Akibat Sering Memakai High Heels

Fimela.com, Jakarta Sepatu high heels biasa digunakan perempuan untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih menarik dan percaya diri. Terutama untuk acara-acara besar dan pesta, high heels tentunya menjadi pilihan andalan yang bisa menyulap penampilan menjadi lebih menawan. Namun, ada juga yang memakaikanya setiap hari untuk beraktivitas.

Bagi kamu para heels addicted atau sebutan bagi mereka yang hobi menggunakan high heels sepertinya perlu berhati-hati karena terlalu sering memakai high heels bisa menimbulkan efek buruk pada kaki. Ingin terlihat cantik dengan high heels bukan berarti harus memakainya setiap hari karena akan menyebabkan dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

High heels dapat menimbulkan efek buruk pada kaki karena memiliki bagian yang runcing dan menukik sehingga membuat kaki harus melangkah dengan jenjang secara otomatis. Memang akan selalu berhasil membuat tampilan menjadi sempurna namun, jika terlalu sering digunakan justru akan membuat kondisi kaki menjadi tidak baik.

Nah, buat kamu yang suka memakai high heels untuk beraktivitas sehari-hari harus tahu efek buruk apa saja yang bisa ditimbulkannya. Fimela.com kali ini akan mengulas 4 efek buruk pada kaki akibat sering memakai high heels. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menyebabkan Nyeri Sendi

Efek buruk pada kaki akibat sering memakai high heels yang pertama ialah dapat menyebabkan nyeri sendi. Nyeri sendi kerap dirasakan bagi pengguna high heels terlebih pada area kaki dan punggung.

Bagi kamu yang hobi memakai high heels akan berisiko mengalami hallux valgus atau penonjolan tulang ibu jari. Gangguan ini akan menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, dan lecet pada penonjolan tulang, khususnya saat memakai sepatu.

Selain itu, nyeri punggung akibat penggunaan high heels disebabkan karena seluruh tekanan tubuh terkonsentrasi di bagian belakang. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah rendah di sekitar daerah tersebut kurang lancar dan rasa sakit menjepit di bagian belakang dan pinggul.

Menimbulkan Penyakit Tulang Belakang

Selanjutnya, efek buruk lainnya yang bisa menimpa kaki cantikmu karena terlalu sering memakai high heels ialah meningkatkan risiko penyakit tulang belakang. Hal ini dikarenakan keselarasan tulang belakang berubah saat memakai high heels.

Memakai high heels terlalu lama dapat menyebabkan tulang belakang bergerak secara tidak wajar dan menyebabkan penekanan pada otot daerah lumbar. Kondisi ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit, mati rasa, sakit pada punggung bagian bawah, dan kesemutan ketika menggunakannya.

Menyebabkan Penyakit Varises

Berikutnya, efek buruk yang ketiga bisa terjadi pada kaki akibat sering memakai high heels ialah menimbulkan penyakit varises. Hal bisa terjadi karena saat menggunakan high heels, pergerakan kaki menjadi terbatas. Hal ini dapat membatasi sirkulasi darah pada anggota tubuh bagian bawah.

Kondisi ini membuat efisiensi aliran darah terganggu, maka dapat terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada tungkai yang dikenal dengan varises. Dalam jangka panjang, varises dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada kaki yang terkena.

Memberi Tekanan Pada Kaki Sehingga Mengganggu Keseimbangan Saat Berjalan

Keempat, efek buruk pada kaki akibat terlalu sering memakai high heels ialah tekanan yang diberikan pada kaki sehingga memengaruhi keseimbangan saat berjalan. Tekanan pada kaki bisa terjadi karena kakimu berada pada posisi menukik ketika memakai high heels.

Jepitan sepatu high heels biasanya berakhir dengan meninggalkan rasa sakit pada kaki. Tekanan pada kaki pun akan intens dan tidak terkendali. Maka hal ini yang secara tidak langsung dapat mengubah postur tubuh. Hal ini dikarenakan tidak semua perempuan dapat menyeimbangkan dengan baik saat memakai high heels.

Akhirnya kondisi tersebut membuat proses berjalan menjadi sangat tidak nyaman bagi beberapa perempuan. Kecenderungan kehilangan keseimbangan bahkan risiko jatuh. Kaki kamu juga berisiko keseleo pada area pergelangan kaki. Otot dan peradangan tendon juga dapat terjadi.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Nusantara Fashion Festival 2020 Gandeng 300 UMKM dan 75 Desainer Lokal
Artikel Selanjutnya
5 Tips Pilih Baju Lebaran Idul Adha Saat Masih di Rumah Aja