Sukses

Fashion

Moa Hoff Hadirkan Motif Arsty pada Tas Ransel Ikonis Kanken

Fimela.com, Jakarta Svensk Form (The Swedish Society of Crafts and Design) menetapkan Kånken sebagai kerajinan seni pada tahun 2017 dan pada tahun 2018 kami ingin merayakan penetapan ini dengan berkolaborasi dengan dua seniman Swedia. Tugas mereka adalah untuk mengekspresikan hubungan mereka dengan alam dengan tas Kånken sebagai kanvas mereka. Ini adalah proses yang sangat menginspirasi dan hasilnya luar biasa, sehingga kami menghadirkannya lagi sekarang. Pada tahun ini, Fjällräven telah bekerja sama dengan Moa Hoff, seniman Swedia yang menggunakan pendekatan artistik buatan tangan, ilustratif, dan imajinatif. Moa menemukan inspirasi di banyak tempat, terutama di alam. Ini menjadikannya kolaborator terbaru yang sempurna untuk seri Kånken Art. Kami sempat berbincang dengan Moa untuk menanyakan di mana Dia menemukan inspirasinya untuk desain Kånken Artnya.

Petualangan Seniman Swedia

Moa tinggal di Stockholm, Swedia. Sekarang menjadi ilustrator freelance, Dia lulus dari University College of Arts, Crafts and Design tahun 2005. Dia bekerja terutama pada komisi komersial dan proyek pribadi sesuai dengan passion – beberapa karya seni mutakhirnya bisa dijumpai di Museum Swedia atau sebagai ilustrasi dalam buku. Seperti kebanyakan seniman, Moa tidak terjun ke dunia ini demi uang, melainkan kesuksesannya berkat “sebuah cara unik dalam menggambar, komitmen besar dan sedikit keras kepala.” Pendekatan artistiknya eksperimental. “Saya sering kali tidak tahu apa hasilnya nanti. Ini lebih banyak tentang seni saya memberi orang lain perasaan tertentu. Jadi Saya mencoba sesuatu berbeda sampai saya menemukan hasil sempurna yang saya cari.” Ini adalah pendekatan yang memakan waktu, tetapi sangat kreatif, untuk melakukan apa yang Moa sukai. Moa menemukan inspirasinya dari sumber yang tidak biasa – Inspirasi artistik terbesarnya datang dari gambar anak-anak dan benda-benda aneh yang diambil dari pasar loak. Tetapi bagi dia, ia berpegang teguh pada prinsip bahwa “alam adalah seniman terbaik” dan ini sangat menonjol pada karyanya.

Pendekatan artistiknya eksperimental. “Saya sering kali tidak tahu apa hasilnya nanti. Ini lebih banyak tentang seni saya memberi orang lain perasaan tertentu. Jadi Saya mencoba sesuatu berbeda sampai saya menemukan hasil sempurna yang saya cari."

 

Kisah Kånken pada Pribadi Moa

Di Swedia, hampir setiap orang memiliki kisah pribadi dengan Kånken dan sama halnya dengan Moa. Ketika tumbuh dewasa dia memiliki Kånken biru, sama seperti ibunya, dan seperti yang dimiliki oleh anaknya sekarang ini. “Generasi keluarga saya memiliki Kånken di punggung mereka atau di rumah mereka. Ibu saya membawanya ke sekolah, dan sekarang masing-masing dari tiga anak saya memiliki Kånken biru untuk meneruskan tradisi keluarga.” Ketika kami mendekati Moa untuk membicarakan mengenai kolaborasi pada Kånken Art mutakhir, Ia tidak ragu-ragu Kånken selalu menjadi bagian dari kisahnya.

Inspirasi dibalik Kånken Art Moa

Disaat masih kecil Moa mengunjungi Swedia Utara dengan Ayahnya, dan mereka menghabiskan waktu mendaki gunung bersama. Kenangan masa kecil lainnya, yang menginspirasi Kanken Art Moa datang dari perjalanan ski yang memunculkan ingatan “suasana yang sejuk dan pemandangan birch forest.” Petualangan ini meninggalkan kesan abadi padanya, dan kilasan kenangan masa kecil serta perasaan terkait– harapan, kebahagiaan, dan kekaguman pada keluasan dan keindahan alam– inilah yang ingin ia sebarkan dalam desainnya. Langkah selanjutnya ialah mulai bereksperimen. Ia mencoba beragam warna dan teknik berbeda dan bekerja selama beberapa bulan untuk memastikan semua berjalan sesuai keinginannya. Moa selalu menciptakan desainnya dengan tangan dan begitu pula yang muncul dalam Kånken Art karyanya. “Karena alasan inilah saya tidak ingin ada yang terlalu sempurna. Saya ingin setiap tas menjadi unik, sehingga setiap orang dapat memilih desainnya sendiri, desain individual. Hasil akhirnya adalah pola semi-abstrak yang sedikit acak dengan tema yang jelas terinpirasi alam.”

 

Karena alasan inilah saya tidak ingin ada yang terlalu sempurna. Saya ingin setiap tas menjadi unik, sehingga setiap orang dapat memilih desainnya sendiri, desain individual. Hasil akhirnya adalah pola semi-abstrak yang sedikit acak dengan tema yang jelas terinspirasi alam.

Arctic Fox Initiative dan Kånken Art

Moa menekankan pada hidup yang berkelanjutan dan kepedulian pada alam. Ia sadar akan jejak lingkungan, dan dia pun jarang membeli produk baru, malah sering memilih membeli barang bekas. Ketika ia membeli produk baru yang paling penting baginya produk tersebut tahan lama. Motivasi utama di balik kolaborasi ini adalah mendukung tujuan inisiatif Arctic Fox. “Rasanya sangat istimewa untuk mendesain karya seni bertema alam yang keuntungan penjualan dari Kånken spesial ini di salurkan pada proyek-proyek yang back to nature.” Arctic Fox Initiative mendukung proyek dan ide yang bertujuan untuk menjaga alam dan menginspirasi lebih banyak orang untuk menghabiskan waktu di luar (ourdoor) – pada skala internasional. Keuntungan penjualan dari Kånken Art disalurkan pada Arctic Fox Initiative.

Setiap ransel dari seri Kånken Art adalah ekspresi kreativitas yang unik. Jika Anda ingin melihat koleksinya, klik disini. Sementara itu, alam menanti, dan kami hanya setuju dengan Moa bahwa alam benar-benar inspirasi terbaik.

Produk kolaborasi spesial ini akan diluncurkan eksklusif di URBAN ICON, untuk info lebih lanjut kunjungi @urbaniconstore atau www.urbanicon.co.id

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading