Sukses

Fashion

MUFFEST 2021 Ajak UKM Fashion Muslim Siapkan Produk Sustainable

Fimela.com, Jakarta Fashion menjadi salah satu bidang usaha baru yang banyak diminati di masa pandemi. Orang yang kehilangan pekerjaan karena terdampak pandemi atau ingin mendapat penghasilan tambahan meyakini bisnis fashion jadi peluang usaha potensial.

Muslim Fashion Festival atau MUFFEST pun kembali merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM serta para desainer fashion muslim yang baru merintis. Untuk terlibat dalam pagelaran tahunan MUFFEST 2021 yang akan digelar pada 18–21 Februari 2021 di Jakarta Convention Center (JCC).

Konsep keberlanjutan atau sustainable yang digaungkan sejak MUFFEST 2020 lebih diseriusi lagi di tahun depan. Terlebih tantangan perubahan perilaku konsumen serta beradaptasi dengan situasi new normal perlu dipahami pelaku usaha. 

Dengan tema  “Recovering Industry with Slow Fashion”, acara yang digagas Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo meyakini UKM dan pelaku bisnis fashion muslim kembali bangkit mengingat Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Konsep sustainable fashion juga dipercaya menjadi faktor peningkatan daya saing UKM Indonesia untuk menguasai pasar dalam negeri dan bisa diterima di luar negeri.

"MUFFEST mengajak UKM mengedepankan sustainable fashion dengan konsep 3 pilar yaitu people, planet dan profit. Mari kita dukung recovery UKM Fashion melalui MUFFEST," ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki di acara virtual launching MUFFEST, Rabu (19/8).

 

Pameran ESSENCE Kolaborasi MUFFEST dan Dyandra New Adventure (DNA)

Produk sustainable yang dimaksud mencakup segi material dan manufaktur atau prosesnya. Para konsumen juga semakin aware dengan gaya hidup conscious sebelum membeli produk dengan pertimbangan apakah memiliki dampak positif pada orang lain, lingkungan, dan masyarakat. 

"Maka itu para pelaku harus bersiap memperbaiki brand, berkualitas, ini wajib bukan nilai plus, mengubah cara produksi lebih cepat, berkolaborasi, dan mengutamakan produk yang lebih cepat terjual agar bisa recovering," timpal National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma.

Sebagai dukungan untuk membangkitkan industri fashion dan peserta UKM dalam membantu peningkatan penjualan ditengah pandemi covid-19, MUFFEST juga akan diselenggarakan pada tanggal 2,3,4 Oktober 2020 di JIExpo,Kemayoran dalam tajuk pameran ESSENCE yang digelar bersama kolaborasi Dyandra New Adventure (DNA).

MUFFEST 2021 akan hadir dengan banyak gebrakan dan program baru dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan eksistensi untuk di era digital. Program-program inovasi seperti Exhibitor Coaching, New Concept of MYDC, Live Booth on MUFFEST, Virtual Exhibition selama 4 Bulan lamanya, serta hadirnya ESSENCE by MUFFEST pada Oktober 2020.

"Kami telah membuat strategi dan stimulus agar tetap dapat menjalankan kegiatan sesuai protokol kesehatan yang belaku dan akan membuat event aman jadi nyaman. Harapannya, seluruh stakeholders bersama Dyandra Promosindo akan  terus berkembang dengan menghasilkan dampak berganda pada industri MICE di Indonesia dan harus bangkit dan semangat lagi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku,” tutup Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading