Sukses

Fashion

Cara Baru Mengenal Sustainable Fashion Demi Lingkungan yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Sustainable fashion menjadi isu yang belakangan semakin gencar digembar-gemborkan di Indonesia. Maka dibandingkan dengan sembilan tahun lalu, kini banyak masyarakat makin akrab dengan istilah fashion berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Padahal sustainable fashion memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bagi lingkungan, melainkan juga bagi kehidupan kita sehari-hari.

Tidak hanya sekadar ingin mengakrabkan istilah sustainable fashion, Tinkerlust sebagai platform digital yang melayani kebutuhan preloved fashion menggunakan strategi baru. Sehingga masyarakat juga semakin tergerak untuk menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.

"Misi kita adalah mengajarkan masyarakat bagaimana melakukan perubahan kecil," ungkap Samira Shihab selaku CEO dan Co-Founder Tinkerlust.

Untuk itu, Tinkerlust mengembangkan bisnis ke arah yang lebih sustainable sekaligus mengedukasi masyarakat tentang cara belanja yang lebih baik bagi lingkungan. Tidak lagi hanya sekadar menyajikan produk preloved, melaikan juga menggandeng merek lokal yang memproduksi produk ramah lingkungan.

Edukasi masyarakat

Alasan untuk mengembangkan strategi bisnis sangat sederhana, yakni menyadarkan masyaralat bahwa menerapkan sustainable fashion itu memiliki banyak manfaat. Terutama untuk lingkungan. Sampah tekstil menjadi sampah tertinggi kedua di dunia setelah minyak dan gas.

“Tinkerlust ingin menciptakan ruangan fashion yang lebih sustainable dengan memberikan edukasi kepada konsumen setia kami lewat kolaborasi dengan brand lokal yang memiliki koleksi ramah lingkungan. Ini adalah salah satu bentuk kontribusi dalam mengurangi limbah fashion karena produk tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang,” ucap Aliya Amitra, COO dan Co-Founder dari Tinkerlust.com.

 

Dibuat rangkaian kegiatan

Sebanyak 14 merek lokal telah dikurasi dan bergabung dengan Tinkerlust untuk memberikan dampak sosial yang positif melalui kampanye "Local Heroes". 14 merek yang dipilih telah menerapkan praktik ramah lingkungan sejak lama mulai dari proses produksi hingga pengemasan.

Bersama dengan 14 merek ini, Tinkerlust akan menggelar sejumlah kegiatan yang diawali dengan Virtual Fashion Show dan Fashion Talks Show secara daring. Virtual Fashion Show ini akan disiarkan secara live di YouTube dengan konsep fashion film. Sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung bagaimana ke-14 merek lokal ini menerapkan sustainable pada proses produksinya.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading