Sukses

Fashion

Perayaan Sepatu Nike Ramah Lingkungan dengan Desain Circular di Beragam Elemen

Fimela.com, Jakarta Fashion dan lingkungan adalah dua hal yang saling berdampingan. Isu lingkungan yang semakin panas membuat banyak perubahan yang terjadi untuk mengurasi perubahan dan kerusakan lingkungan yang terjadi.

Begitu juga dengan Nike. Merilis Nike Air VaporMax 2020 Flyknit, ternyata koleksi ini adalah salah satu sepatu Nike paling ramah lingkungan. Terbuat dari 50% berat konten daur ulang, berkat implementasi kreatif dan prinsip desain circular di sejumlah elemennya.

“Kami ingin melihat tidak hanya limbah Nike tetapi limbah industri lainnya dan bagaimana kami dapat memanfaatkan konten tersebut,” kata product design lead Nike Jesi Small. "Banyak keputusan diambil berdasarkan hal itu."Dari unit full-length Vapor Max Air yang baru hingga pendekatan material yang mengutamakan keberlanjutan (sustainability), Nike Air VaporMax 2020 Flyknit mengembangkan etos yang menghasilkan Nike Space Hippie.

Terbentuk dari sejumlah elemen

1. Unit full-length VaporMax Air pertama yang dibuat dengan sekitar 75 persen bahan daurulang. Dengan penerapan unit Nike Air tunggal (singular) dan meruncing dari tumit hinggaujung kaki, yang menciptakan profil lebih rendah dari VaporMax sebelumnya, sepatu yangdikeluarkan tahun ini mengalami peningkatan kenyamanan dan peningkatan rasa saatdipakai. (Sejak 2008, semua inovasi sol Air mengandung setidaknya 50 persen bahandaur ulang.)

2. Benang daur ulang Flyknit dibuat dari sekitar 67 persen berat konten daur ulang pascaindustri, serta berbagai komponen daur ulang (termasuk limbah botol plastik daur ulang).

3. Pelapis kaus kaki (sockliner) Ortholite yang dicetak dengan dual density terbuat dari sekitar 50 persen konten daur ulang dan memperkuat kenyamanan bagian bawah kaki,sementara lidah sepatu terdiri dari setidaknya 80 persen busa daur ulang.

4. TPU pada klip tumit dan ujung jari kaki mengandung sekitar 60 persen TPU daur ulangdan menciptakan efek lingkaran yang unik untuk menambah daya Tarik.

5. Dengan sol luar (outsole) yang menggunakan Nike Grind, Nike Air VaporMax 2020 Flyknit seluruhnya menggunakan bahan berkelanjutan (sustainable) dari sol hingga ujung.

Fit, Feel, Ride

Sepatu ini mengedepankaan pemikiran tentang fit, feel, dan ride. Di mana meningkatkan standar dalam menyeimbangkan keberlanjutan dan inovasi untuk pemakaian sehari-hari.

Jika digabungkan, elemen desain yang asli dan berkelanjutan ini, bersama dengan inovasi NikeFlyEase – mewarnai komposisi dinamis dari keseluruhan estetika tahun 2020. “Salah satu landasan dari apa yang kami coba lakukan dengan sepatu ini adalah mengintegrasikan gagasan 'Rawthenticity,' atau menunjukkan bagaimana potongan asli dari masing-masing elemen desain berkelanjutan ini menjadi hidup,” kata Jarrod Hale, senior project line manager Nike NSW.

“Dalam pendekatan perfectly-imperfect menggunakan bahan mentah ini, kami merasa ide tersebut dapat menunjukkan kepada pemakainya bagaimana dan mengapa sesuatu hal bekerja, dan dari fungsi dan aspek estetika yang menyatukan semuanya. ”Sepatu yang mudah dipasang dan dilepas, disesuaikan untuk pemakai dengan segala kemampuan, dengan penggunaan sepanjang hari yang optimal, anggota terbaru dalam rangkaian Nike Air VaporMax ini mengintegrasikan inovasi Nike FlyEase – mekanisme lock andrelease yang dapat dilakukan dengan satu tangan. FlyEase didorong oleh etos desain universal yang memperjuangkan nilai rangkaian sistem yang bekerja menuju tujuan bersama: membuat sepatu yang lebih mudah digunakan bagi semua orang (inklusif).

FlyEase dibangun berdasarkan komitmen Nike sejak dulu, yaitu untuk "selalu mendengarkan suara atlet," dan memberikan pertimbangan baru tentang bagaimana sepatu seharusnya berfungsi. Nike Air VaporMax 2020 Flyknit tersedia di toko Nike dengan harga Rp 3.209.000. Pelajari lebih lanjut tentang upaya desain berkelanjutan Nike di purpose.nike.com.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Gelaran Fashion Show Selaras Mandiri Bersama Denny Wirawan
Artikel Selanjutnya
Melihat Koleksi T-Shirt Bernuansa Retro dan Pop Hasil Kolaborasi dengan Desainer London