Sukses

Fashion

Berani Berubah: Abdes Prestaka, Populerkan Karya Seni Para Seniman Indonesia Lewat Masker

Fimela.com, Jakarta Tak ada yang luput dari imbas pandemi virus corona. Tak hanya industri kesehatan dan pariwisata saja, sektor lain juga sangat terdampak, salah satunya event organizer. Abdes Prestaka yang merupakan Founder sekaligus CEO kita Satu Bali menceritakan kisahnya berjuang di masa pandemi ini.

Ia dan sang partner Nirmala Trisna adalah sosok di balik event organizer terkenal Kita Satu Bali yang berdiri sejak tahun 2000. Di masa normal, Kita Satu Bali sukses menggelar event-event berskala internasional yang dihelat tak hanya di Indonesia saja, namun gelaran besar liannya di sejumlah negara.

Keunikan dari gelaran yang dibuat oleh Kita Satu Bali yakni selalu menyajikan event berskala internasional yang disisipkan dengan sentuhan seni dari karya seniman-seniman. Kebetulan Abdes Prestaka penggemar fine art. Sehingga saat kegemarannya dipadukan dengan pekerjaan yang ia rancang, menjadi sebuah event yang sukses dan penuh kesan.

Koneksi dengan para seniman Indonesia pun sudah terjalin. Di masa pandemi dengan segala situasi yang tidak menentu, Abdes tak bisa hanya diam meratapi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Justru bersama sang partner, Nirmala Trisna ia ciptakan karya kolaborasi bertajuk "Kita Art Friends."

"Awalnya karena kita juga bingung, nggak ada aktvitas apa-apa yang dijalani di masa pandemi. Alhasil, tercetuslah ide masker karya seni, di mana nantinya semua orang bisa memakai dan mengkoleksi karya seni para seniman lewat masker yang kita jual dengan harga terjangkau." Ungkap Abdes saat diwawancara.

Menggandeng 32 Seniman

 
 
 
View this post on Instagram

FREEDOM is KAF new serie of 2ply art mask, KAF x Bagus Ari Maruta @bagusarimaruta Kepakkan sayap dan terbanglah. Jadikan hidup ini lebih bermakna. Dua lukisan indah karya Bagus Ari Maruta, Garuda Emas dan Peacock, dihadirkan menjadi 2ply masker yang artistik, lengkap dengan filter pouch. Pakai masker ini, bisa tetap tampil artful serta ekstra proteksi. Konsep berkarya Bagus Ari Maruta berasal dari berbagai elemen yang ada di sekitar kita, lalu dirangkai menjadi motif-motif dekoratif yang menjadi sebuah makna baru. Lapis luar adalah printed polyspandex neoprene, untuk menampilkan keindahan karya lukisan seniman Indonesia. Lapis dalam berbahan katun agar masker nyaman dipakai. Tali menjadi bagian dari design masker, dilengkapi stopper agar masker pas di wajah. Untuk proteksi tambahan kalau berada di tempat keramaian, bisa menambahkan/menyelipkan filter di pouch yang sudah tersedia. Harga Rp 50rb utk 1 masker, dan spesial kalau beli 2, jadi Rp 90rb. Asiknya, bisa pilih ukuran yg berbeda. KAF artist serie 2ply mask is available now at TOKOPEDIA.COM/KITAARTFRIENDS Tersedia dalam 3 ukuran (lebar x tinggi x jarak hidung-dagu) Small = 21.6cm x 13.4cm x 8cm Regular = 21.6cm x 14.8cm x 9cm Extra Large = 23.6cm x 16.6cm x 10cm Bisa request headloop bagi yang memakai hijab. Untuk setiap penjualan 1 buah artist serie 2ply mask, KAF akan mendonasikan Rp 2,500 untuk dana penanggulangan pandemi PMI. Follow IG @kita.art.friends untuk seri masker seniman Indonesia selanjutnya. #garudaemas #peacock #lukisan #kitaartfriends #KAFartmask #maskerseniman #senimanbali #ISIJogja #Indonesianculture #merak #Indonesia #fashionmask #kolektorlukisan #ruangseni #artspace #garuda #kolaborasi #seniman #lukisangaruda #karyaseni #karyaseniindonesia #perupaindonesia #batik #lukisbatik #etnikindonesia #produkindonesia #maskerkainsni #cintaprodukindonesia

A post shared by kita.art.friends (@kita.art.friends) on

Kita Art Friends dimulai sejak bulan Juli 2020 lalu, hingga kini sebanyak 32 seniman sudah bergabung, diantaranya; Ismanto Wahyudi, Ngakan Putu Agus Arta Wijaya, Surya Subrata, Valentino Febri, Adha Widayansah, Soni Irawan, Nana Tedja, Agung Dewantara, Made Wiradana, Made Palguna, Eka Cipta Sari, Nyoman Sujana Kenyem, Petek Sutrisno, Uji ‘Hahan’ Handoko, Rendy Raka Pramudya, Aurora Santika, Mira El Amir, Klowor Waldiyono, Made ‘Kun’ Adnyana, Arwin Hidayat, (Duo) Tempa, Erianto, Lilik Rachmad, Galih Reza Suseno, Dhanoe, Prihatmoko, Aly Waffa, Bagus Ari Maruta, Ummi Damas, Addy Debil, Lugas Syllabus, dan Gilang Fradika.

Antusiasme dari para seniman tentu membuat proyek kolaborasi ini semakin diminati. Bahkan hingga saat ini, penjualanannya pun sudah mencapai 2400 masker. Abdes bercerita jika sempat terkejut saat pemerintah menyatakan jika penggunaan masker scuba tidak efektif, apalagi masker yang diproduksi oleh Kita Art Friends adalah masker scuba dengan kualitas bahan terbaik dan nyaman digunakan. Akhirnya kini, model masker dirubah dengan pola dua lapis yang diberi tambahan ruang untuk menyematkan filter sehingga lebih nyaman dan aman dipakai, sesuai rekomendasi pemerintah.

Diciptakan sangat detail dengan kualitas baik dan harga terjangkau

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by kita.art.friends (@kita.art.friends) on

Model masker yang diciptakan sangat spesial, karena tak hanya mencetak karya seni para seniman ke atas media masker, namun Abdes sangat teliti dan detail sehingga keindahan serta esensi karya seni tersebut tetap sama dan tidak berkurang walau tidak di atas kanvas.

Untuk menciptakan warna yang nyata, tim Kita Art Friends berinvestasi pada mesin cetak terbaru sehingga kualitas dan ketajaman gambar terjaga. Bahkan para penjahitnya juga tidak sembarangan, quality control dari hasil jahitan benar-benar menjanjikan, yang membuat masker ini adalah sebuah karya seni yang bisa dipakai oleh banyak orang.

Keberhasilan Kita Art Friends membuat sejumlah negara tertarik untuk memproduksi masker karya seni dalam versi internasional. Saudi Arabia dan Eropa adalah dua negara yang sudah menghubungi Abdes untuk memproduksi masker karya seni versi internasional dua negara tersebut.

Di masa pandemi saat ini, Abdes berpesan agar setiap orang tidak patah semangat. Lakukan apa yang kamu suka dan apa yang kamu bisa. Sehingga kita bisa bertahan di situasi yang tidak menentu seperti saat ini.

Koleksi masker Kita Art Friends memiliki harga sangat terjangkau, koleksinya sangat lengkap dengan ukuran tertentu sesuai bentuk wajah. Siapapun bisa membeli melalui Tokopedia. Untuk melihat pilihan karya yang tersedia, sahabat Fimela bisa cek langsung akun Instagram @kita.art.friends

#ChangeMaker

;
Loading