Sukses

Fashion

Digelar Virtual, Indonesia Fashion Parade Promosikan Kain Wastra

Fimela.com, Jakarta Banyak cara yang dilakukan desainer tanah air ntuk memperkenalkan budaya asli Indonesia. Setelah sukses menggelar Indonesia Fashion Parade pada 22 September 2020 lalu, desainer Athan Siahaan untuk pertama kalinya menggelar fashion show secara virtual untuk mengangkat kearifan lokal.

Melalui acara yang berlangsung secara streaming di YouTube @athan_siahaan, acara berjudul road to @virtualindonesiafashionparade digelar pada tanggal 14 November 2020 dan diikuti oleh puluhan desainer dari berbagai kota di Indonesia.

"Tema acara ini adalah Cultural Eternity Indonesia Fashion Parade, bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal karena itu banyak melibatkan para pengrajin dari seluruh Indonesia," kata Athan Siahaan, melalui siaran pers yang diterima FIMELA, Sabtu (14/11/2020).

Wastra Nusantara

Athan Siahaan lantas menjelaskan bahwa kekayaan Budaya Indonesia sangatlah beragam. Salah satu yang dianggap potensial adalah kain Wastra Nusantara.

"Untuk mengangkat kearifan lokal kain Wastra Nusantara ini perlu satu wadah yang benar-benar serius untuk mempromosikan produksi para pengrajin tradisionalnya. Disinilah peran Indonesia Fashion Parade ini diadakan," jelas desainer spesialis kain ulos tersebut.

Selain Athan Siahaan, beberapa designer yang ikut berpartisipasi di Indonesia Fashion Parade kali ini antara lain Ariesanthi, Awang Kagunan, Tari Made, Linda Susanti, Yayan Arsa, Ucok M Sirait, Beby Batik Art, Andestya, Ndekarona, dan puluhan designer lainnya. Berbeda dengan event lain yang sejenis, Indonesia Fashion Parade ini sama sekali tidak berbayar alias gratis untuk para designer yang ingin memamerkan karyanya.

Selain mengangkat kearifan lokal, Indonesia Fashion Parade juga memberikan sarana kepada para designer muda berbakat untuk tetap berkarya meski terhimpit kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

"Fashion designers Indonesia harus bangkit berkarya, nggak boleh putus asa. Harus tetap semangat dan optimis," pungkasnya.

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading