Sukses

Fashion

Kaleidoskop 2020: Pertama dalam Sejarah IPMI Trend Show dan Jakarta Fashion Week Digelar Virtual

Fimela.com, Jakarta Berbagai gelaran fashion show dunia terpaksa ditunda bahkan dibatalkan akibat pandemi COVID-19. Menyesuaikan dengan new normal, beberapa gelaran fashion show dunia, seperti Milan Fashion Week dan London Fashion Week, yang akhirnya digelar secara virtual. Ini pertama kali dalam sejarah.

Kondisi serupa juga terjadi di Indonesia. Gelaran fashion show terbesar seperti IPMI Trend Show dan Jakarta Fashion Week harus digelar dalam format baru. Menyesuaikan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk digelar seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pertama kali dalam sejarah, baik IPMI Trend Show dan Jakarta Fashion Week 2021 digelar secara virtual. Kedua gelaran fashion show ini digelar pada November 2020 dengan diawali IPMI Trend Show 2021 pada 21-22 November 2020.

 

IPMI Trend Show 2021

IPMI mendapat dukungan dari Kemenparekraf untuk menggelar fashion show tanpa format runway. IPMI Trend Show 2021 dibuat dengan gaya presentasi White Cube yang memang menjadi ciri khasnya sejak 2014. Mengusung tema "Fashion Out While Staying In", IPMI Trend Show 2021 ditayangkan melalui live streaming di vidio.com.

Sebanyak 21 anggota IPMI ikut berpartisipasi dalam virtual fashion presentation IPMI Trend Show 2021. Mereka adalah Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi,Denny Wirawan, Didi Budiardjo, Eddy Betty, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Hian Tjen, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Priyo Oktaviano, Rusly Tjohnardi, Sebastian Gunawan, Stella Rissa, Tri Handoko, Yogie Pratama, dan Yongki Budisutisna.

Dalam IPMI Trend Show 2021, digelar presentasi fashion film yang akan dibagi dalam 4 sesi, di mana grup berisi 5-6 desainer dalam presentasi tema gabungan "Time" dan "Space". Dua tema tersebut menggambarkan waktu yang dirasakan dalam ruang gerak yang terbatas. Gelaran IPMI Trend Show 2021 menjadi gambaran yang dikembangkan menjadi sebuah eksplorasi mimpi bagi 21 desainer dalam membuat karya dan terlihat layak memulai realita baru.

 

Jakarta Fashion Show 2021

Selesai gelaran IPMI Trend Show 2021, disambung dengan Jakarta Fashion Week 2021 yang juga digelar secara virtual 26-29 November 2020. Para pecinta fashion tanah air bisa menyaksikan fashion show, cerita di balik panggung, serta beragam konten menarik lainnya dari Jakarta Fashion Week 2021 secara livestream di microsite JFW.TV.

Puluhan desainer dan label ternama Indonesia berpartisipasi dalam pagelaran fashion era baru yang berlangsung di Senayan City yang memang menjadi official venue Jakarta Fashion Week sejak 2013. Termasuk di antara mereka desainer dan label Indonesia Fashion Forward, Dewi Fashion Knights, hingga para desainer muda lewat Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode Menswear 2020.

 

Menyesuaikan kondisi

Lenni Tedja selaku Direktur Jakarta Fashion Week sadar bahwa pandemi COVID-19 mengubah tatanan dunia fashion. Berbagai penyesuaian dilakukan, salah satunya adalah hadir dalam platform digital. Masyarakat dapat menikmati rangkaian acara Jakarta Fashion Week 2021 melalui kanal yang dimiliki.

Jakarta Fashion Week 2021 yang digelar secara virtual juga memperkenalkan Maria Karina dan Rizal Rama sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons. Kedua model asal Surabaya ini menyisihkan 10 finalis lainnya di ajang "The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons". JFW 2021 Icons menjadi model dari kampanye Jakarta Fashion Week 2021 dan meramaikan runway Jakarta Fashion Week 2021.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kaleidoskop 2020: Kenzo Takada, Desainer Jepang Pertama Penakluk Fashion Paris Meninggal
Artikel Selanjutnya
Onitsuka Tiger Hadirkan 3 Desain Ikonis dalam Seri Quilting Holiday