Sukses

Fashion

Tampil di Segala Situasi, Inilah Perjuangan Brand Sepatu Lokal Meniti Pandemi

Fimela.com, Jakarta Blow, produk sepatu lokal Indonesia yang berdiri tahun 2017 lalu kini tengah meniti kejayaan di tengah pandemi. Tak hanya menyasar wanita muda dan remaja, Blow berteman dengan wanita segala usia. Warna pink pastel sebagai latar logonya, dibarengi dominasi warna pastel di hampir semua produknya, membuatnya cocok disandingkan dengan outfit apapun dalam acara apapun.

Memiliki kesan manis, lembut, dan nyaman saat dipandang, warna pastel yang menjadi identitas Blow memang memberikan efek yang menenangkan. Siapa kiranya wanita yang tak ingin menjadi pembawa kesejukan? Selaras dengan visi Blow, harapannya wanita Indonesia kini bisa menggunakan sepatu yang fashionable dengan harga yang affordable.

Hal tersebut bisa diwujudkan dengan menggenjot produksi sepatu lokal yang menggabungkan teknologi luar negeri saat proses pembuatannya agar lebih efektif. Dalam hal ini, sebagai merek alas kaki lokal yang pantas diperhitungkan, Blow bersama dengan para pengrajin sepatu lokal memilih bahan yang berkualitas agar nyaman dikenakan.

Bahan-bahan sepatu seperti insole, midsole, outsole, upper dan detailnya memang harus dipilih dari bahan yang berkualitas oleh pengrajin yang juga berkualitas. Dalam pembuatan alas kaki, Blow juga memanfaatkan bahan-bahan dari denim, rubber, dan lain sebagainya. Harganya pun bervariasi, namun rata-rata cukup terjangkau.

Model Blow Trendy, Elegan, dan Nyaman di Setiap Situasi

Ada juga model heels lain setinggi 5 sentimeter yang dilabeli Selia Heels hadir dengan strap dan rajutan cantik di depan, memberikan kesan lucu dan menggemaskan. Belum lagi si manis Leviya Heels yang memiliki strap saling silang. Selain warna dan desain yang elegan, juga cocok dipadukan dengan outfit apa saja.

Seperti yang diungkapkan @agathanatali dalam kolom komentar akun Instagram @shopatblow dalam postingan model Leviya Heels, “Warna nya cocok banget di padui baju apa aja xixi”

Tak mau kalah dengan heels yang tampil elegan, sneaker brand lokal yang mumpuni ini juga memiliki model istimewa seperti Korean Mujigae Sneaker, Dalmi Sneaker, Taylor Denim Sneaker, Wales Sneaker, dan ratusan lainnya. Blow juga merilis sneaker super kece bernama Renata Sneaker. Warna putih elegan dengan detail unik yang dominan.

Tak sampai di situ, Blow tak hanya setia untuk diajak bertandang ke acara mewah, tapi juga menghadirkan rasa nyaman di rumah, seperti yang ditawarkan model Aleica Sandal. Mengambil contoh Aleica Sandal ini, Blow secara cerdik mengusung kesederhanaan sekaligus eleganitas. Pasalnya, kendati sandal rumahan, tapi Aleica Sandal tetap cocok dipakai hangout bersama teman.

Uniknya, baik sandal maupun jenis alas kaki lain keluaran Blow memiliki bahan sole yang lentur, sehingga lebih awet dan lebih bisa menyesuaikan aktivitas pemakainya. Hal inilah yang kemudian menjawab kebutuhan wanita Indonesia yang menginginkan alas kaki cantik, modis, dan memiliki ketahanan lama tapi cukup terjangkau dari sisi harga.

Brand lokal yang dikomandoi seorang pria muda bernama Vincent Octavianus ini memang ingin memanjakan wanita dengan karyanya supaya tak perlu repot membeli produk impor. Untuk apa membeli lebih mahal kalau kualitas ditawarkan sama bagusnya, atau sama menariknya.

Kolaborasi Blow

Perjalanan panjang Blow melewati pandemi juga tak lepas dari hasil kolaborasi dengan brand sepatu lokal lainnya seperti Yongki Komaladi. Bulan Mei 2020 yang bertepatan dengan Ramadhan tahun 1441 Hijriyah, saat masih hangat-hangatnya pandemi dan PSBB, Blow bersama Yongki Komaladi dalam tagar #localsupportlocal merilis produk limited edition yaitu RINI Sandal RN003.

Siapa yang tak kenal Yongki Komaladi? Pecinta fashion tentu tak asing dengan nama ini. Yongki Komaladi sendiri merupakan brand lokal sepatu dan fashion yang berdiri tahun 1992 oleh seorang pria dengan nama yang sama, Yongki Komaladi. Melalui tagar #localsupportlocal, Yongki Komaladi berusaha mendukung brand sepatu lokal lainnya.

RINI Sandal RN003 merupakan sandal berbahan outsole dari rubber anti slip dengan desain trendy yang menggunakan upper rubber printed pada bagian upper-nya. Karena produk kolaborasi ini limited edition, tentu jumlahnya terbatas. Walau masih bisa dipesan melalui marketplace Blow seperti di Shopee, Lazada, Zalora, maupun Instagram @shopatblow.

Misi positif dari kolaborasi Yongki Komaladi dan Blow memang melahirkan iklim yang hangat bagi sepatu lokal. Hal ini juga tak lepas dari peran pejabat dan publik figur yang turut membanggakan sepatu dalam negeri.

Dari kolaborasi ini, Blow dan partner Yongki Komaladi sama-sama ingin menjangkau followers supaya lebih tertarik menggunakan sepatu lokal dengan cara posting feeds dan story di sosial media khususnya Instagram. Blow menyediakan barang produksi dan operasional marketing, sementara sang partner menyediakan produksi marketing dan digital content.

Tampaknya RINI Sandals RN003 yang lahir dari hasil kolaborasi Blow dan Yongki Komaladi berhasil menggaet banyak likes followers dari kolaborasi produk tersebut. Ini merupakan sinyal yang cukup baik untuk menggenjot produksi sepatu lokal.

Tagar #localsupportlocal yang memberi dampak positif untuk perkembangan brand lokal khususnya sepatu, memang sebaiknya dipertahankan bukan hanya saat pandemi namun juga saat keadaan kembali normal. Kepercayaan masyarakat terhadap produk dalam negeri yang semakin menguat akan menghidupkan ekonomi.

Memilih produk lokal juga merupakan bentuk kebanggan terhadap produk berkualitas yang diproduksi sendiri oleh anak bangsa. Tak kurang-kurang orang pintar di Indonesia yang mampu menghasilkan karya bagus namun sejauh ini dipandang sebelah mata. Kolaborasi dan sejumlah pengakuan cukup menjadi modal untuk berkembang lebih jauh lagi.

Blow dan Harapan ke Depan

Blow dengan produk best seller-nya Kristy Sandal mungkin masih berusia muda, namun karya anak bangsa ini patut diperhitungkan di pasaran. Berani memerangi brand luar negeri, Blow berhasil menciptakan alas kaki dengan kualitas terbaik, model menarik, nyaman di kaki, dan tentu saja harganya lebih terjangkau dibandingkan sepatu impor dari luar negeri.

Hal ini tentu saja tak lepas dari peran di balik layar dalam menghasilkan produk beragam model dan cocok untuk segala situasi. Wanita Indonesia memang menyukai alas kaki yang mampu bertahan di segala medan, dan produk Blow secara tidak langsung mampu mengisi celah tersebut.

Prinsip utama yang diusung Blow dalam bisnisnya, yaitu transparency-keeping it real, people, dan fun. Transparency yang dimaksud adalah menyediakan produk yang genuine, down to earth, selfless, resourceful, humble, dan respectful. People lebih mengedepankan teamwork, supportive, empowering, collaborative, dan inspiring. Sementara fun lebih kepada passionate, free-spirited, youthful, enggaged, vibrant, dan dynamical.

Brand karya Vincent Octavianus yang mampu tampil di segala situasi wanita Indonesia ini tak hanya bisa dipesan melalui online shop seperti di Shopee, Lazada, Zalora, dan Instagram melainkan juga bisa didapatkan di offline channel seperti di AEON BSD City Department Store dan AEON Jakarta Garden City Department Store.

Harapan Blow ke depan, ingin membangun omni-channel untuk mempermudah pengalaman pengguna dan mendorong hubungan lebih baik dengan para konsumen. Saat ini, Blow juga punya rencana memperluas lini bisnisnya yang mencakup kategori produk seperti aksesoris dan tas. Temukan koleksi favoritmu dengan follow Instagram @shopatblow.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading