Sukses

Fashion

15 Istilah Fashion yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Di dalam dunia fashionsering kali kita menemukan istilah-istilah yang unik dan menggunakan bahasa asing, yang susah untuk diartikan dengan arti secara umum, menurut kamus bahasa Indonesia atau bahasa lainnya.

Dunia fashion memang tak pernah lekang oleh waktu. Karena memiliki banyak macam mode, yang bisa menjadi tren di tahun kapan saja. Seperti tren baju kotak-kotak atau checkered fashion yang selalu populer dari waktu ke waktu.

Agar Sahabat Fimela tidak bingung dengan istilah populer yang ada di dunia fashion, yuk intip artikel berikut ini.

Istilah Fashion yang Populer

1. Vintage

Istilah fashion yang paling sering disebut adalah vintage. Istilah ini digunakan untuk menyebut mode pakaian ala tahun 20an hingga 60an, yang memberikan kesan zaman dahulu. Fashion vintage ini juga masih populer hingga sekarang.

2. Retro

Sering kali istilah retro disamakan dengan istilah vintage. Padahal istilah retro memiliki makna yang berbeda dengan vintage. Istilah retro diambil dari kata retrospektif yang artinya memodifikasi gaya sekarang dengan inspirasi fashion zaman dulu.

3. Edgy

Istilah edgy memiliki makna yang tajam dalam dunia fashion, yang cenderung memadukan warna hitam dan merah sebagai warna pakaian, agar orang yang menggunakan eddy style ini terlihat lebih galak dan unik.

4. Casual

Casual fashion selalu menjadi mode populer di kalangan anak muda, karena gaya casual ini identik dengan pakaian santai, seperti menggunakan kaos dengan celana pendek dan sepatu sandal, yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

5. Classy

Istilah classy dalam dunia fashion, cenderung mengarah dalam artian penampilan yang elegan dan terlihat berkelas. Walaupun gaya classy ini selalu dikaitkan dengan barang yang branded.

Istilah Fashion yang Selanjutnya

6. Chic

Istilah chic dalam dunia fashion, diambil dari kata chique yang berasal dari bahasa Prancis. Istilah ini memiliki arti gaya pakaian yang modern, dengan memadu padankan pakaian tanpa mengikuti tren.

7. Monochrome

Istilah monochrome atau monokrom, sering diartikan sebagai perpaduan warna pakaian yang cenderung hitam dan putih. Tetapi di zaman sekarang, warna monokrom juga dipadukan dengan warna abu-abu atau silver.

8. Oversized

Gaya oversized mulai populer, sejak banyak Idol dari Korea yang menggunakan gaya ini. Oversized adalah gaya fashion yang menggunakan pakaian lebih besar dari ukuran badan. Istilah ini bisa disamakan dengan gaya pakaian yang kebesaran.

9. Layering

Di saat musim dingin atau musim hujan, layering sering diterapkan dalam dunia fashion. Istilah layering ini memiliki arti menumpuk pakaian. Sebagai contohnya, kamu menumpuk kaos dengan hoodie, lalu mengggunakan outer jaket jeans.

10. Streetwear

Istilah yang selanjutnya adalah streetwear. Gaya pakaian ini adalah fashion khas jalanan, yang hampir sama dengan pakian kasual. Streetwear ini adalah fashion yang digunakan untuk jalan-jalan atau hangout, dengan gayanya yang santai tapi tetap fashionable.

Istilah Fashion yang Terakhir

11. Haute Couture

Istilah Haute Couture berasal dari bahasa Prancis, yang memiliki arti sebagai pakaian yang berkelas, karena pakaiannya terbuat dari bahan dengan kualitas tinggi, dan dijahit dengan tangan dan detail yang sangat teliti.

12. Sophisticated

Istilah sophisticated biasanya digunakan untuk menyebut gaya fashion berkelas, yang menunjukkan status, keistimewaan dan keunggulan. Sophisticated memiliki tampilan yang sempurna dan selalu menarik perhatian.

13. Outfit

Outfit adalah istilah dalam dunia fashion, yang artinya adalah gaya pakaian yang sedang digunakan saat itu. Istilah ini sangat populer dan sering disingkat dengan istilah OOTD, yaitu outfit of the day atau pakaian yang digunakan hari ini.

14. Outer

Istilah outer digunakan untuk menyebut pakaian luaran untuk membuat penampilan lebih fashionable, seperti rompi, jaket, blazer, mantel, kardigan dan lain sebagainya.

15. Fashionista

Istilah fashionista mungkin sudah tidak terlalu asing lagi. Istilah ini digunakan untuk menyebut seseorang yang ada di industri fashion seperti desainer, model, penulis fashion dan lain sebagainya.

Menarik bukan? Yuk, tambah pembendaharaan katamu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading