Sukses

Fashion

Angkat Tema Sustainable Modest, Asia Pacific Rayon Ajak Kolaborasi Brand Lokal di Muffest 2021

Fimela.com, Jakarta Asia Pacific Rayon (APR) sukses berkolaborasi dengan tiga fashion brand papan atas Tanah Air pada gelaran Muslim Fashion Festival (Muffest) 2021. Tidak hanya menampilkan fashion item semata, produsen rayon berkelanjutan ini juga mengangkat tema Sustainable Modest di acara yang dihelat di Kota Kasablanka Jakarta.

Fashion Show dengan Bahan Baku yang Berkelanjutan

Tema Sustainable Modest yang diangkat tentunya keren banget mengingat semua lapisan masyarakat perlu saling bahu-membahu dalam menjaga bumi dengan selalu berkreasi menggunakan material berkelanjutan. Menariknya, kolaborasi dalam Muffest 2021 ini juga membangkitkan gairah ekonomi kreatif Indonesia yang sempat melemah saat pandemi melanda.

Total, 30 fashion item dipamerkan dengan memegang teguh konsep sustainable dalam balutan busana muslim yang inspiratif banget buat jadi outfit selama bulan Ramadan. Spesialnya lagi, semua koleksi fashion item yang ditampilkan pada Muffest 2021 dibuat dari bahan baku serat viscose-rayon yang diproduksi oleh Asia Pacific Rayon. FYI, serat viscose-rayon adalah bahan baku tekstil sustainable karena sifatnya yang renewable, mudah terurai, dan bisa dilacak. Makin #BanggaBuatanIndonesia deh pokoknya.

Hadirkan Tiga Brand Fashion Papan Atas Tanah Air

Tren mode berkelanjutan yang inspiring banget di Muffest 2021 berhasil ditampilkan tiga brand yaitu Geulis, Inen Signature, dan Salt n Pepper. Dalam sesi konferensi pers yang dilangsungkan pada 27 Maret pukul 14.00, perwakilan dari ketiga brand di Muffest 2021 menyambut positif saat berkesempatan menjadi bagian dari gelaran fashion show kece ini.

“Kolaborasi ini menantang kami untuk membuat koleksi dari viscose-rayon APR yang memiliki tekstur terbaik tapi tetap menunjukkan ciri khas Geulis. Ini menujukkan bahwa semakin banyak variasi dan inovasi dari pakaian rayon untuk berbagai kebutuhan gaya, mulai dari kasual hingga formal.” Ujar Marketing and Communications Manager Markus Happy Ganesha.

Sementara itu, founder dari Inen Signature menjelaskan jika kolaborasi dengan Asia Pacific Rayon dalam gelaran Muffest 2021 ini mampu menghadirkan inovasi dalam fashion item yang simple namun tetap elegan.

“Masa pandemi ini menciptakan pengembangan desain fashion item yang tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Karena pandemi tidak keluar rumah, jadi konsep desain yang muncul adalah lebih simple sehingga bisa nyaman dipakai saat WFH namun tetap cantik dipakai untuk keluar rumah.” Tambah Inen Kurnia, founder dari Inen Signature.

Fashion item yang cocok digunakan saat bulan Ramadan tidak hanya diramaikan dengan busana muslim wanita. Brand Salt n Pepper yang sudah malang melintang menghadirkan outfit kasual untuk pria juga merilis fashion item spesial di Muffest 2021 ini.

“Ini adalah kolaborasi pertama antara Salt n Pepper dengan Asia Pacific Rayon, dan kami akan menghadirkan deretan fashion item kasual yang akan pertama kali diperkenalkan saat fashion show nanti sore”. Jelas William, Head of Marketing Salt n Pepper.

Selain tiga brand diatas, APR juga berkolaborasi dengan Hurem by Fia dan Mukena Arrumaisha selama pameran Muffest 2021 berlangsung pada 18-28 Maret 2021. Ini merupakan keikutsertaan APR yang ketiga sejak 2019 dalam festival modest fashion terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“APR terus mendukung potensi pasar modest fashion dalam negeri untuk menggairahkan Kembali industri tekstil, industri kreatif dan UMKM di tengah kondisi akibat pandemi ini. Kolaborasi ini juga sejalan dengan semangat ‘Everything Indonesia’ dengan mengajak seluruh pihak untuk menggunakan bahan baku yang berasal dan diproduksi di Indonesia demi menjadikan Indonesia sebagai hub fashion muslim dunia,” kata Sheila Rahmat, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon.

Secang Enchantment, Cara Inen Signature Kombinasikan Ecoprint dan Viscose-Rayon

Apa jadinya jika daun secang yang identik dengan minuman khas wedang diadaptasi menjadi fashion item kece? Geulis sukses menghadirkannya dalam balutan busana muslim yang estetik.

'Secang Enchantment' karya Inen Kurnia menggabungkan ecoprint dengan kain berbahan serat viscose-rayon dari Asia Pacific Rayon. Untuk menyempurnakan, ditambahkan pula pewarna alami berupa kayu secang dan 10 macam daun.

Busana Muslim dengan Sentuhan Khas Jepang? Kenapa Tidak?

Jika Inen Signature mengadopsi dedaunan Indonesia, maka Geulis munculkan suasana musim semi dalam busana muslim yang dipamerkan. Bernama 'Haru', fashion item kece yang dipamerkan oleh Geulis memadupadankan kain berbahan serat viscose-rayon yang diakhiri dengan sentuhan teknik bordir khas Jepang. Hasilnya, lahirlah busana muslim dengan pattern bergaris yang menonjolkan gaya klasik modern namun tetap kasual.

Tampil Kasual dan Elegan dalam Balutan Busana Ready to Wear dari Salt n Pepper

Tidak hanya busana muslim untuk wanita, gelaran Muslim Fashion Festival 2021 hadirkan fashion item kasual untuk para pria. Brand Salt n Pepper hadirkan 10 busana yang bergaya modern style. Mempresentasikan koleksi dengan tema “Everything Indonesia”, Salt n Pepper mengusung desain bernuansa kental khas Tanah Air menggunakan kain berbahan serat viscose-rayon APR.

Dalam helatan Muslim Fashion Festival 2021, Asia Pacific Rayon juga hadirkan booth Everything Indonesia yang memamerkan produk berbahan serat viscose-rayon dan informasi tentang Jakarta Fashion Hub. Spesialnya, Asia Pacific Rayon juga mengadakan Modest OOTD Styling Competition yang mengombinasikan fashion item pribadi dengan koleksi kolaborasi berbahan serat viscose-rayon kepada pengunjung yang hadir di Kota Kasablanka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading