Sukses

Fashion

Marlee Matlin Kenakan Gaun Ramah Lingkungan dari Serat TENCEL™ dalam Ajang Oscar 2021

Fimela.com, Jakarta Penghargaan 93rd Academy Awards atau dikenal juga sebagai Oscar baru saja selesai digelar. Beragam kejutan hadir memeriahkan acara. Salah satunya adalah gaun ramah lingkungan yang dikenakan Marlee Matlin.

Menyusul kesuksesan kerjasama pada tahun 2020 lalu, merek serat TENCEL™ dari Lenzing dan Red Carpet Green Dress (RCGD) berkolaborasi untuk kedua kalinya di ajang penghargaan 93rd Academy Awards atau dikenal juga sebagai Oscar. Sebagai bagian dari kolaborasi, RCGD x TENCEL™ meluncurkan berbagai bahan eco-couture yang terbuat dari serat TENCEL™ Modal / Lyocell dan benang filamen TENCEL™ Luxe. 

Material ini diadaptasi menjadi bahan dengan tampilan elegan dan mewah untuk gaun-gaun karpet merah. Sebagai penghormatan kepada nilai-nilai dasar RCGD yaitu kontes desain, penampilan dan figur yang mengenakan desain ini ditampilkan pada malam penghargaan Oscar hari Minggu, 25 April.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Oscar diselenggarakan secara virtual di beragam situs di Amerika Serikat dan Eropa. Di tahun yang tidak biasa bagi banyak orang, Red Carpet Green Dress bekerja untuk menghormati komitmen mereka dalam menciptakan solusi desain yang mendukung momen di karpet merah dan panggung global terbesar.

Desain tahun ini menggunakan serat lyocell bermerek TENCEL™, serat modal dan benang filamen yang 100% berasal dari tanaman. Berasal dari sumber kayu terbarukan, serat dan benang filamen diproduksi menggunakan proses produksi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan tingkat kehalusan seperti sutra, bahan yang jatuh, dan kecerahan warna yang optimal, benang filamen TENCEL™ Luxe memberikan daya tarik sensual yang indah pada kain. Material ini ideal untuk eco-couture.

Gaun couture yang dibuat melalui kampanye RCGD X TENCEL™ ditampilkan dan dikenakan oleh pembawaacara di Oscar Marlee Matlin, yang berperan sebagai talent ambassadors pada kampanye ini, dan menampilkan keanggunan dan kekuatan eco-couture kepada seluruh dunia.

Gaun Rancangan Vivienne Westwood

Marlee Matlin mengenakan gaun yang dibuat khusus oleh Vivienne Westwood secara etis dan bertanggung jawab pada lingkungan. Balutan gaun eleagan berwarna hitam dengan tekstil vegan Red Carpet Green Dress™ terbuat dari benang filamen TENCEL™ Luxe, dengan penggabungan kain dari arsip Westwood. 

Memberikan perhatian pada pentingnya praktik yang lebih berkelanjutan dalam industri fashion dan menjadi bagian yang membawa solusi tersebut ke pasar global, Red Carpet Green Dress dicetuskan sebagai tanggapan atas kurangnya pilihan yang etis terhadap pemilihan gaun karpet merah.

Didirikan oleh advokat lingkungan terkemuka, Suzy Amis Cameron, organisasi ini telah berkomitmen untuk menciptakan perubahan positif selama lebih dari satu dekade. Dengan visi yang sama dengan merek serat TENCEL™ dan bercita-cita untuk memimpin pencarian solusi ramah lingkungan untuk tekstil, garmen dan pakaian, mereka bertujuan untuk memadukan fashion papan atas dengan keberlanjutan dan tetap mempertahankan kualitas.

Bekerja sama untuk meluncurkan berbagai tekstil eco-couture terasa seperti langkah yang alami. Dengan industri fashion menjadi salah satu penyumbang polusi terbesar di dunia, RCGD x TENCEL™ berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perubahan positif untuk masa depan yang lebih hijau. 

“Sekali lagi, kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Red Carpet Green Dress untuk memberikan sorotan terhadap eco-couture. Meskipun serat dan benang filamen kami berasal dari kayu yang dipanen dari sumber bersertifikat, terkontrol dan merupakan beberapa bahan paling berkelanjutan yang digunakan dalam industri fashion, kami tidak berhenti di situ. Di TENCEL™, kami sedang dalam perjalanan menuju True Carbon Zero, dengan visi mencapai nilai emisi yang minim pada tahun 2050 dan berkontribusi pada industri fashion yang netral dari karbon. Kami berharap kolaborasi kami akan mendorong lebih banyak desainer dan merek untuk mencari material yang tidak hanya memberikan daya tarik estetika, tetapi juga membuat perbedaan yang positif bagi Bumi kita.” - Harold Weghorst, Vice President of Global Marketing & Branding di Lenzing Group. 

‘’Kerja sama kami dengan TENCEL™ adalah salah satu yang paling menarik dan bermanfaat untuk Red Carpet Green Dress. Organisasi ini mewakili beberapa pilar utama keberlanjutan, mulai dari solusi desain berkelanjutan yang dapat diakses dengan fokus pada sirkularitas dan dekarbonisasi, hingga pemahaman yang melekat tentang perlunya produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab. Kolaborasi Oscar kami selalu menjadi sorotan tiap tahunnya, dan kami sangat senang bahwa inovasi seperti ini kini telah tersedia untuk komunitas desain global." - Samata, CEO dari Red Carpet Green Dress. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading