KAPANLAGI NETWORK
MORE

Revolusioner atau Ancaman, Vogue Jadikan Robot Mirip Manusia Sebagai Model Fashion Spread

Jumat, 24 November 2017 17:01 Oleh: Monica Dian

Lupakan sejenak Gigi Hadid, Kendall Jenner, dan Karlie Kloss. Karena kali ini status supermodel jatuh ke tangan Erica, robot android dengan fisik yang tak kalah dari model perempuan sebenarnya.

Model tampil di fashion spread sudah biasa. Tapi bagaimana jadinya jika model tersebut adalah robot? Di luar dugaan, bukan? Ide menjadikan robot sebagai model fashion spread ini pun rupanya terpikirkan oleh majalah fashion nomor satu dunia, Vogue. Menggabungkan fashion dengan kecanggihan teknologi masa kini, Vogue seolah sudah siap menyongsong era robotik. Inovasi baru yang pertama kali dilakukan editorial sejauh ini.

Jangan bayangkan robot model ini berupa mesin bergerak seperti Transformers. Robot yang digunakan adalah humanoid bernama Erica ciptaan Hiroshi Ishiguro. Tidak seperti robot kebanyakan, robot ciptaan peneliti asal Jepang tersebut memiliki rupa yang nyaris mirip manusia, baik dari segi fisik maupun perilaku. Erica sendiri diperkenalkan ke publik pada Agustus 2015 silam. Disebut sebagai “most beautiful woman” android, Erica memang diciptakan untuk kebutuhan fashion. Tidak heran mengapa Vogue membawanya ke halaman fashion spread mereka. 

Untuk bertemu Erica, team Vogue Amerika terbang langsung ke Osaka, Jepang.  Android yang mampu mengobrol selama 10 menit ini di-styling oleh Alex Jordan Harrington dan foto-fotonya diambil oleh Mark Peckmezian. Pendeknya, Erica mendapatkan treatment fashion spread layaknya model profesional. Tentu, jadi tantangan tersendiri untuk menampilkan robot manusia sebagai model fashion spread. Foto Erica yang diunggah Vogue ini hanya salah satu contoh hasilnya. Semua aksi Erica sebagai model fashion bisa ditemukan di Vogue edisi Desember.

Komentar Anda
Keep going