KAPANLAGI NETWORK
MORE

Untuk Gaya Outfit Serba Putih Bebas Noda, Coba 6 Tips Ini

Kamis, 18 Mei 2017 17:36 Oleh: Fimela Editor

These tips are for those who are big fans of all white #OOTD and are done with going back and forth to the launderette. Teks: Owen Kumala

Kemeja putih merupakan barang wajib di dalam lemari, begitu juga dengan kulot putih yang sedang “in” atau celana kargo linen putih andalan untuk bersantai saat liburan. We know that. Tapi, sebagai pemakai warna putih, pasti tahu betapa menyebalkannya melihat outfit putih berubah coklat karena tumpahan kopi atau menyadari kemeja putih favorit sekarang menjadi kuning karena deodoran yang salah. Terlebih jika bahkan tempat laundry langganan sudah angkat tangan. Siklus seperti ini bukan hanya melelahkan, tapi juga boros waktu dan uang.

Selain mengikuti nalar untuk tidak tampil all-white pada saat bermain outdoor atau saat mengunjungi restoran pasta favorit, ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk mengurangi risiko noda di pakaian putih, tanpa harus memakai celemek ke mana-mana.

Pilih Deodoran yang Tepat

Melihat lingkaran kuning di bagian ketiak karena deodorant yang salah bukanlah hal yang menyenangkan, terlebih noda semacam ini terkenal “bandel”. Untuk menghindarinya, gunakan deodoran tipe spray atau stick yang cepat kering dan didesain khusus untuk menghindari datangnya noda. Hindari juga deodoran tipe cair atau gel, karena sifat water-basenya cenderung lebih mudah mendatangkan noda. Jangan lupa dicuci bersih agar tidak meninggalkan noda saat disimpan.

Gunakan Sesering Mungkin

Contrary to popular belief, menyimpan pakaian putih di pelosok lemari justru akan menimbulkan noda kuning. Noda kuning ini terkadang datang dari noda deodoran atau kosmetik yang tidak tercuci bersih atau menggunakan hanger pakaian plastik untuk bahan tertentu. Namun, tidak jarang juga pakaian putih memunculkan noda kuning tanpa alasan yang jelas saat disimpan di dalam lemari. Siasati dengan secara reguler menggunakan pakaian-pakaian putih secara bergiliran.

Get on the Spray

Cara preventif lainnya, gunakan water-repellent spray. Spray seperti Talas Water-Repellent Spray merupakan spray khusus garmen yang berguna untuk menciptakan semacam lapisan anti air. Coating ini membuat air dan noda tidak meresap dan dapat dengan mudah dilap. Sayangnya, spray ini bukan solusi jangka panjang, karena efeknya akan segera hilang setelah beberapa kali pencucian.

Pakai Pakaian Water-Proof

Solusi untuk jangka panjang, daripada menggunakan water-repellent spray, mungkin ada baiknya mencoba pakaian stain-repellent. Salah satu yang tersedia di Indonesia adalah koleksi Stay White dari Old Navy. Brand Amerika ini mengeluarkan koleksi komprehensif berisi kemeja dan denim putih yang water dan stain-proof. Menariknya, coating pun sudah ada di dalam bahan, bukan diaplikasikan ketika pakaian sudah jadi, sehingga efeknya pun tahan lama dan uniknya, bahan tetap terasa ringan dan nyaman. Harga pun tidak terlalu mahal, masih di bawah satu juta rupiah. Hasilnya, cairan seperti kopi dan wine akan langsung tergelincir dari pakaian, tanpa meresap. Untuk cairan yang mengandung minyak seperti saus pun pembersihan jadi lebih mudah dan tidak meninggalkan bekas.

Make-up Wipes, Solusi Dadakan

Mengandung surfactant dan ampuh membersihkan oil-based make-up seperti foundation, make-up wipes juga dapat menjadi solusi untuk noda yang mengandung minyak seperti saus sebelum noda membekas dan sulit dibersihkan. Pilih juga make-up wipes tanpa warna dan surfactant keras agar tidak merusak pakaian. Make-up wipes lembut dan ampuh pun tidak perlu mahal, di drugstore terdekat banyak pilihan tersedia. Wipes keluaran Nivea, Biore, dan Pond's dapat menjadi pilihan. Selalu taruh di dalam tas untuk situasi darurat.

Ikuti Instruksi Pencucian

Perusahaan garmen menaruh label ini dengan tujuan tersendiri. Memang, satu atau dua kali pencucian yang salah mungkin tidak memberi pengaruh yang signifikan. Namun, jika serius dalam merawat pakaian putih, this is where you can start. Bila tertera untuk tidak mentumble-dry atau menggunakan bleach, maka ikuti untuk cara teraman. Bila tidak tertera dengan jelas, cari petunjuk pembersihan di website brand tersebut atau melalui informasi online sesuai dengan bahan pakaian.

 

(Images: Business Insider, Pinterest, Persil)

Komentar Anda
Keep going