KAPANLAGI NETWORK
MORE

Wawancara Exclusive FIMELA dan Erdem Sambut Peluncuran Koleksinya Bersama H&M

Kamis, 26 Oktober 2017 13:00 Oleh: Melida Rostika

Berkat bantuan H&M, Fimela berhasil mewawancarai designer Erdem Moralioglu seputar koleksi kolaborasinya dengan brand retail ternama ini. Ungkap inspirasi sang designer. Go check it here!

Setiap tahunnya, perusahaan retai favorit fashionista, H&M selalu hadirkan kolaborasi dengan designer kondang dunia fashion internasional. Seperti di tahun 2015, H&M hadirkan koleksi kolaborasi bersama Alexander Wang. Tahun lalu koleksi stylish bertemakan jungle bersama Kenzo sukses jadi incaran. Tahun ini, H&M kembali hadirkan kolaborasi fashion yang stylish, kali ini bersama Erdem. Akan hadir di tanah air pada tanggal 2 November ini, rasanya sudah harus pilih dari sekarang mana yang akan jadi favoritmu. 

Bila sempat melihat koleksi ini di look book-nya, pasti semua jatuh cinta dengan gaya rancangan  dress, dan blazer bertabur motif bunga, serta coat-coat klasik sampai tas-tas super chic. Berlatarkan ruangan kosong dengan wallpaper bernuansa abu-abu bergaya unfinished construction, dan bermodalkan anak tangga, kursi vintage, membuat rancangan seperti blazer, dan long coat penuh motif terlihat klasik dan sohisticated. Apa yang menjadi inspirasinya? Beruntungnya, tim Fimela mendapatkan kesempatan untuk bertanya kepada sang designer Erdem Moralıoğlu seputar koleksi super chic ini. Go scroll for more! 

F : Apa tema besar dan mood dalam koleksi ini? Apakah Anda menawarkan sebuah koleksi yang relevan untuk para fashionista? 

E: Ada begitu banyak inspirasi berbeda dalam menciptakan koleksi ERDEM X H&M. Di koleksi saya sebelumnya, saya selalu memikirkan masa kecil saya, pakaian yang ibu saya kenakan, atau saudara perempuan saya saat kita tumbuh besar. Saya juga memikirkan para sahabat yang tinggal di rumah bergaya mansion di Inggris. Saya ingin mereka mampu mencintai rancangan ini dan ikut mereka kenakan dengan cara mereka sendiri. Saya berharap koleksi ini mampu terbuka dan demokratis, menawarkan sesuatu yang dapat dikenakan semua orang. 

 

F : Bekerja dengan H&M pasti akan membuat Erdem lebih tersedia untuk market yang lebih luas, apakah anda senang dengan hal ini? Hasil apa yang Anda harapkan dari kemitraan yang luar biasa ini?

E: Saya sangat senang dan bersemangat saat diminta berkolaborasi dengan H&M. Melihat berbagai koleksi kolaborasinya terdahulu, begitu senang rasanya untuk mengikuti jejak kolaborator mereka sebelumnya, dan juga mampu membawa estetika rancangan ERDEM di platform yang begitu luas.

 

F: Bagaimana Anda membuat koleksi yang masih terlihat sungguh ERDEM, namun dengan harga yang terjangkau? 

E : H&M adalah pakar kolaborasi desainer, dan saya selalu begitu terkesan dengan apa yang mereka hasilkan di setiap koleksi kolaborasi. Menakjubkan rasanya untuk mengenalkan kepada H&M, pabrik kain kecil yang selalu saya kunjungi dan gunakan, seperti Harris Tweed,yang kini juga bekerjasama dengan H&M untuk pertama kalinya. Sebuah otentisitas sendiri bila menggunakan bahan dengan kualitas terbaik dan memiliki nilai sejarah di baliknya, dan tentunya baik untuk menciptakan karakter dan sejarah dalam koleksi ini.

 

F: Apa barang favorit pribadi Anda dari koleksi ini?

E : Saya bangga dengan keseluruhan koleksi, namun saya jujur bahwa rancangan favorit saya adalah tailored blazers. Saya terinspirasi oleh foto ayah saya dari tahun 60an, dimana dia mengenakan setelan rapi yang pas pada bagian badan. Kami menciptakan satu untuk koleksi laki-laki, dan saat proses fitting, saya menambahkan modifikasi single-breasted pada blazer laki-laki. Ternyata terlihat sangat indah dan relevan, kemudian kami menambahkan versi double breasted untuk koleksi perempuan. 

 

F: Apa jenis floral prints yang telah Anda siapkan untuk men's collection? apakah terdapat makna tertentu dibalik motif bunga tersebut?

E: Itu pertanyaan yang sangat menarik, karena di koleksi saya sebelumnya saya mulai mencari arti khusus serta lambang dibalik berbagai pilihan bunga yang saya kenakan. Bagi ERDEM X H&M, saya mulai mencari jenis bunga yang memiliki sudut pandang dekoratif, berpikir tentang gaya Inggris yang klasik seperti berbagai motif wallpaper dari tahun 1930an dan 40an. Saya bermain dengan skala dan formalitas, dan saya sangat tertarik untuk melihat berapa banyak floral prints yang mampu disulap jadi rancangan menswear. 

Dengan gaya floral yang chic, serta modifkasi potongan yang stylish, ditambah harga yang tidak terlalu mahal, rasanya semakin tak sabar untuk lihat langsung koleksi ini. Mark your calendar, 2 November ini, temui koleksinya di gerai H&M Grand Indonesia.

Komentar Anda
Keep going