Sukses

Fashion

6 Kunci Sukses Dari Anna Wintour, Untuk Survive Di Bisnis Fashion

front row, vogue, anna wintour, lupita nyong'o

Jakarta Deretan saran ini dirangkum dari pidato Anna Wintour, saat ia hadir memberikan sambutan di kampus Central Saint Martins, di London. Central Saint Martins sendiri adalah sekolah seni dan desain terkenal di London dan sudah menghasilkan banyak fashion designer terkenal.

Membangun Brand Sendiri Tidak Menjamin Kesuksesanmu

Satu hal yang dikhawatirkan adalah jika kamu langsung membuat brand setelah lulus kuliah, bisnis itu tidak akan sukses. Anna Wintour menyarankan agar semua fashion student berpikir cermat sebelum memulai bisnis sendiri, dan mempertimbangkan kemungkinan untuk bekerja dengan desainer atau perusahaan yang kamu kagumi.

Coba Temukan Pekerjaan yang Sesuai

Realitanya adalah temukan pekerjaan yang sesuai denganmu daripada sekadar mencoba peruntungan membuat brand yang belum tentu sukses seperti apa yang kamu bayangkan. "Whether it's working as a designer or working in a restaurant and then doing your own thing in your own time, it's a reality of life. In the end it's going to be helpful to you and so many others." Anna said. Well, berarti pekerjaan apapun yang kamu pilih, tidak bergantung dari jurusan yang kamu ambil semasa kuliah.

Jangan menghamburkan uang hanya untuk membuat graduate show!

"Please listen to me when I say: an interesting creative presentation is just as effective as a fashion show". Maka coba pertimbangkan lagi untuk membuat sebuah presentasi yang lebih kreatif dari pada menghamburkan uang untuk sekedar show kelulusan yang heboh. Lebih baik uangmu ditabung untuk menyiapkan diri masuk dunia kerja.

Jangan malu untuk mempresentasikan dirimu

Jadilah public relation officer yang baik untuk br'nd yang sedang kamu bangun. Harus tahu caranya untuk 'menjual' kemampuanmu. Jangan malu apa lagi takut untuk menyampaikan apa yang jadi kelebihan dan kekuranganmu. Dan yang terpenting belajarlah untuk menyampaikan apa yang kamu yakini.

Jangan puas hanya dengan terkenal di media sosial

Sekarang ini media sosial mungkin dapat dengan cepat membuatmu dan karyamu terkenal. Tapi, apakah itu dapat menjamin kesuksesanmu selanjutnya? Karena banyak hal lain yang memengaruhi sebuah suksesan secara finansial dan dalam jangka panjang, ketimbang jumlah followers di Instagram. Popularitas di media sosial, nggak selalu menjamin popularitas yang sama di dunia nyata.

Berteman dengan orang-orang yang dapat diajak kerjasama

Banyak desainer yang sukses berkat kerjasamanya dengan orang-orang terdekat, seperti Alexander Wang dengan kakaknya, Dennis; Marc Jacobs dan Robert Duffy, serta Christopher Kane dengan saudaranya, Tammy. Oleh karena itu, bergaulah dengan orang-orang yang bisa diajak berdiskusi dan bertukar ide bersama. Lebih bagus lagi, bila yang bisa membantu bisnis kita adalah saudara sendiri.

fashion student

*Seperti diulas oleh Dazed & Confused

Loading