Sukses

Fashion

Tawaran Trend Fashion Terbaru yang Perlu Dilihat dari Surabaya

Jakarta Dalam rangka hari jadi kota Surabaya yang jatuh setiap tanggal 31 Mei, Tunjungan Plaza bekerja sama dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) menyelenggarakan Surabaya Fashion Parade (SFP) 3-7 Mei 2017 lalu. Surabaya Fashion Parade menjadi wadah para desainer untuk beraktualisasi di industri fashion Indonesia, khususnya Jawa Timur.

Bertempat di Tunjungan Convention Center, mall Tunjungan Plaza, SFP menghadirkan rangkaian fashion show untuk para pecinta fashion kota Surabaya. Dihadirkan pula kompetisi untuk menjaring bibit-bibit berbakat di dunia fashion. Kompetisi ini meliputi Fashion Styling Competition, Surabaya Model Search 2017, 3D Fashion Illustration Competition, Fashion Designer Award, Kids Wear Designer, dan Kids Model Search. Kota Pahlawan ini memang terkenal menjadi asal banyak pelaku industri fashion kenamaan tanah air, sebut saja Peggy Hartanto.

Desainer-desainer ternama tanah air juga tercatat meramaikan acara fashion terbesar Surabaya ini. Sebut saja Hannie Hananto, Lenny Agustin, Mel Ahyar, Elizabeth Njo May Fen, Embran Nawawi, Ferry Sunarto, dan sederet nama lainnya. Tidak hanya desainer ternama, SFP 2017 juga rutin menjadi tempat bagi desainer muda untuk memperkenalkan karya mereka. Tahun ini beberapa akademi fashion seperti Pison Art and Fashion Foundation, Universitas Negeri Surabaya, dan Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya ikut ambil bagian.

Ferry Sunarto

Fashion show yang ditampilkan SFP 2017 menawarkan tema berbeda setiap harinya. Tapi, gaun-gaun malam maupun pernikahan masih jadi primadona di kota Pahlawan ini. Seperti yang ditampilkan oleh Ferry Sunarto. Terinspirasi dari kecantikan Jackie O, desainer yang saat ini menjabat sebagai National Advisory Board IFC tersebut menampilkan koleksi bergaya chic dan elegant era 60 – 80an dengan mengambil warna-warna vintage klasik Amerika. Yang menarik, inspirasi desain tersebut ia terjemahkan ke dalam rancangan yang dipadu dengan kebaya Indonesia yang menjadi ciri khasnya.

Yunita Kosasih

Sedangkan Yunita Kosasih yang merupakan member IFC Surabaya melahirkan koleksi bernapaskan Asia. Menggambarkan keharmonisan dan keteraturan, rancangannya memperlihatkan teknik pleats, drapery, dan permainan cutting. Dominasi putih, biru, peach, dan abu-abu, semakin menegaskan kelembutan pada setiap desainnya.

Elizabeth Njo May Fen

Desain avant garde yang wearable dengan sentuhan tradisional yang kuat ditampilkan Elizabeth Njo May Fen. Mengambil filosofi motif kawung pada batik, desainer yang merupakan creative director KETIQUE ini menggunakan tenun kawung dan batik tulis untuk menciptakan desain Kolang Kaling berupa siluet circle dan H-line. Pakaian avant garde yang cenderung abnormal oleh Elizabeth Njo May Fen dirancang lebih ringan menjadi outfit yang dapat berubah bentuk dan fungsi. Seperti dress yang bisa berfungsi sebagai top dan outer, serta outer yang bisa berfungsi sebagai rok.

Laura Pulina Kelly

Serupa tapi tapi tak sama dengan Elizabeth Njo May Fen, designr Laura Paulina Kelly juga menampilkan rancangan dekonstruktif. Namun, rancangannya lebih formal dan edgy untuk para perempuan karier. Kreasinya meliputi oversized outer, manset terbalik, potongan kerah yang diletakkan tidak pada tempatnya, dan cutting unik lainnya.

Tahun ini merupakan tahun pertama SFP bekerja sama dengan IFC, memberikan nuansa lebih istimewa. Selain tahun ini adalah hari jadi SFP yang ke-10, SFP juga tampil dengan konsep dan visi baru. Ali Charisma selaku National Chairman IFC menyebutkan bahwa tahun ini SFP terlihat lebih segar dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Sebelumnya koleksi yang dipamerkan lebih dominan pada gaun-gaun malam. Tahun ini lebih variatif karena ada sentuhan urban,” terangnya.

Selain fashion show dan kompetisi, SFP juga menyajikan exhibition dan pop-up store. Koleksi para desainer ditampilkan di sepanjang area fashion runway. Sedangkan pop-up store hadir untuk memuaskan hasrat “see now buy now”, dimana beberapa koleksi desainer yang dipamerkan di show dapat segera dibeli.

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading