Sukses

Fimela

Ternyata! Sikapmu Terhadap Pelayan Bisa Ungkap Kepribadian Lho

Ada banyak hal yang kamu lakukan ternyata bisa mengungkap kepribadian. Kamu mungkin tak sadar, dan mungkin mengira hanya dari tanggal bulan dan tahun lahir saja kepribadian seseorang bisa dilihat. Tapi ternyata seluruh tubuhmu dan segala gerak-gerik dan ucapanmu menunjukkan siapa dirimu lho.

Begitu pula ketika kamu menunjukkan sikap tertentu dan berbicara terhadap pramusaji di kafe atau rumah makan. Dalam sebuah interview, co-founder Au Bon Pain, Ron Shaich, mengatakan bahwa ketika ia akan menaikkan jabatan posisi eksekutif pada anak buahnya, yang ia lakukan adalah bertanya pada asisten mereka seperti apa anak buah tersebut memperlakukan asisten.

Jika menurut para asisten, atasan tersebut sering bertindak kasar maka itu adalah indikator bahwa mereka tak bisa bekerja dalam tim. Lebih jauh, menurut Dr. Frederic Neuman dari Psychology Today mengatakan bahwa mereka yang memiliki sistem pemikiran "menilai seseorang dari apa yang terlihat di luar" umumnya memperlakukan pelayan dengan buruk.

Tak heran, karena mereka berpikir dan menilai pelayan sebagai orang dengan status rendah atau di bawah mereka. Berbeda dengan orang tanpa pemikiran ini, mereka akan bersikap sama, tidak membedakan, antara pelayan dengan orang yang memiliki jabatan. Siapa pun yang mereka temui, mereka akan memperlakukan orang-orang di sekitar dengan baik, karena setiap orang memiliki status yang setara.

1. Orang yang bersikap buruk terhadap pelayan berarti bukan orang yang bisa kerjasama tim

Orang yang sering menilai orang lain dari statusnya umumnya lebih mementingkan diri sendiri. Mereka tak bisa bekerja sama dalam kelompok atau tim, karena mereka tak bisa menunjukkan sikap menghargai dan susah menyesuaikan diri.

2. Orang yang bersikap buruk terhadap pelayan bukanlah pemimpin yang baik

Jelas sekali, mereka tak bisa jadi pemimpin yang baik. Orang yang bersikap buruk terhadap pelayan pasti juga akan bertindak kasar pada anak buahnya yang dianggap "orang rendahan". Ia tak akan menunjukkan sikap mengayomi dan tak bisa dijadikan panutan atau teladan.

3. Orang yang memperlakukan pelayan dengan baik umumnya penyayang dan punya perasaan peduli terhadap sesama.

Selain calon pemimpin yang baik dan bisa bekerja sama dengan tim secara baik, orang yang bersikap baik terhadap pelayan dengan mengucap terima kasih dan membalas dengan tersenyum ramah adalah orang yang sopan, peduli dan baik hati.

Jadi jika ingin tahu seperti apa karakter seseorang, cukup ajak saja ke kafe atau restoran, dan perhatikan sikapnya pada pelayan. Kamu akan tahu seperti apa kepribadian orang tersebut sebenarnya. 

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading