Sukses

Lifestyle

Inilah Mengapa Orang Pendiam & Tertutup Justru Jadi Leader Handal

Banyak orang mungkin menganggap bahwa untuk jadi pemimpin, kamu harus jadi orang yang bisa bersosialisasi dengan baik, bicara ke satu pihak ke pihak lain dan membangun jaringan luas. Tapi ternyata, itu tidak menjamin kamu jadi pemimpin yang kompeten dan bisa diandalkan lho.

Karena ternyata sebaliknya, penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences mengungkapkan bahwa orang introvert yang biasanya lebih pendiam, pasif, tertutup dan suka berpikir dalam justru bisa jadi pemimpin yang baik, meski banyak orang menganggap mereka tak bisa betah dengan tekanan kerja.

Banyak orang mungkin menganggap remeh orang introvert, dan umumnya memang orang berkepribadian ekstrovert lah yang memegang andil paling banyak menjadi pemimpin. Apalagi dengan karakter ekstrovert yang lebih dominan, percaya diri dan persuasif, ia lebih dilihat sebagai tipe calon pemimpin.

Peneliti melihat ada beberapa hal mengapa introvert lebih unggul sebagai pemimpin dibanding ekstrovert, misalnya mendorong tim menjadi proaktif dan intelek, dan mampu meningkatkan fokus menumbuhkan karakter timnya melaksanakan proyek dengan tenang.

Ketika leader ekstrovert sibuk bicara ke sana kemari membangun jaringan dengan koleganya, pemimpin introvert akan lebih fokus meningkatkan kinerja dan kekompakan timnya. Jadi, jika kamu cenderung pendiam dan tertutup, bukan berarti kamu tak bisa jadi pemimpin ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading