Sukses

Fimela

Gemas Liat Typo, Ternyata Kamu Punya Kepribadian Seperti Ini Lho!

Pasti di antara kamu ada tipe orang yang gatal lihat kalimat atau kata-kata yang salah ketik alias typo. Kamu suka terganggu, ingin memperbaiki tulisan dan tak bisa cuek saja membiarkan tulisan tersebut salah. Tahukah kamu, ternyata hal seperti ini bisa mengungkapkan kepribadian lho.

Para ahli linguistik dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, mengklaim bahwa orang-orang introvert cenderung lebih peka dan teliti terhadap kesalahan tata bahasa atau salah ketik. Sebaliknya, mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert cenderung abai terhadap hal tersebut.

"Penelitian ini adalah yang pertama kali menunjukkan ciri-ciri kepribadian dari pendengar atau pembaca, yang ternyata memiliki efek terhadap penafsiran bahasa. Dalam penelitian ini, kami mengkaji penilaian sosial yang dibuat pembaca terhadap penulis," ungkap Profesor Linguistik dan Psikologi di Universitas Michigan, Julie Boland, yang ikut berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Sebagai uji coba, sebanyak 83 peserta diberikan teks yang berisi tanggapan atau respons surel sampai iklan. Surel tersebut berisi tulisan tanpa kesalahan serta kesalahan ketik, misalnya mkae (make), abuot (about) atau kesalahan tata bahasa seperti to/too, it's/its, you/you're.

Kesalahan typo bisa ungkap kepribadian/copyright Pexels.com

Kemudian mereka diminta menilai penulis surel dari sisi kecerdasan, keramahan, atau atribut lainnya, serta memberikan informasi tentang diri mereka sendiri. Di akhir percobaan, peserta diberi pertanyaan perihal adakah kesalahan tata bahasa pada respons surel tersebut. Jika peserta menjawab 'ya, ada', itu merupakan indikasi mereka terganggu dengan kesalahan ketik dalam sebuah tulisan.

Menurut Robin Queen, profesor Arthur F Thurnau sekaligus ketua Departemen Ilmu Bahasa, menyatakan bahwa peserta yang melaporkan tata bahasa jadi hal penting pada awal percobaan, lebih mungkin terganggu terhadap kesalahan tata bahasa dan salah ketik tersebut hingga akhir percobaan.

Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan mereka yang memiliki tingkat rendah dalam aspek agreeable, cenderung sensitif terhadap kesalahan tata bahasa. Sementara mereka yang memiliki tingkat tinggi dalam aspek conscientious, tapi memiliki aspek keterbukaan yang rendah, cenderung sensitif terhadap salah ketik.

Kesalahan ketik bisa bikin gemas orang berkepribadian seperti ini/copyright Pexels.com

Yang harus dipahami, aspek agreeable merupakan salah satu aspek dalam teori kepribadian Big Five yang terkait dengan tingkat keramahan seseorang. Semakin rendah tingkat agreeable, semakin sering seseorang memberikan kritik terlebih dalam hal kesalahan tata bahasa.

Kemudian, kepribadian consciencious biasa dikaitkan dengan tingkat kehati-hatian seseorang. Semakin tinggi, semakin teliti pulalah orang tersebut terhadap kesalahan ketik.

Di sisi lain, kepribadian terbuka, dikaitkan dengan tingkat penyesuaian seseorang. Semakin rendah tingkatnya, semakin sulit ia menyesuaikan diri. Tak heran jika orang tersebut lebih sensitif terhadap kesalahan kecil seperti salah ketik.

Sumber: Liputan6.com/Blilio.net

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menebak Kepribadian Seseorang Dilihat dari Rasa Es Krim Favorit, Kamu yang Mana?
Artikel Selanjutnya
Menebak Kepribadian Seseorang Dilihat dari 5 Jenis Bunga Favorit