Sukses

Health

3 Cara Mengetes Kebugaran Tubuh Sederhana Tanpa Olahraga

Fimela.com, Jakarta Mayoritas dari kita sudah terbiasa menganggap bahwa tubuh yang bugar dan sehat harus didapat dengan rajin olahraga. Tidak ada yang salah dengan hal itu, tapi terkadang kita tidak menyadari bahwa dari kegiatan sehari-hari pun sebenarnya bisa membuat tubuh kita bugar, tergantung dari seberapa keras aktivitas yang kita jalani. Bahkan, seringkali tanpa sadar tubuh kita sudah bugar dengan sendirinya karena terbiasa menjalani aktivitas fisik yang cenderung melatih otot tubuh dengan intens. 

Jika ingin tahu seberapa bugar tubuhmu meskipun tidak rajin olahraga, coba cek dengan sekian cara berikut ini. 

Bisakah membawa, memindahkan dan menahan barang yang berat?

Latihan angkat beban cukup penting dilakukan di gym, namun sebenarnya kita tidak harus datang ke tempat fitness terlebih dahulu untuk bisa melatih otot tubuh. Banyak aktivitas yang bisa melatih otot tubuh dengan baik, misalnya bersih-bersih rumah, memindahkan barang-barang yang menumpuk, menari, naik tangga dan berbagai aktivitas fisik lainnya yang membuatmu tidak duduk diam. Jika kamu mampu mengangkat barang bawaan dengan kisaran berat 7-10 kg tanpa merasa lelah atau mengeluh dengan jarak tempuh lumayan jauh atau dengan menaiki tangga, maka hal itu sudah menjadi latihan angkat beban yang bagus. Melakukan hal ini tanpa mengalami sakit punggung atau terengah-engah karena kehabisan nafas, maka kamu termasuk memiliki tubuh yang kuat dan bugar.

 

Bisakah kamu berdiri lama tanpa memindahkan berat tubuh ke satu kaki?

Meski nampak sepele, namun uji kebugaran dan kekuatan juga bisa dilakukan dengan cara berdiri dalam waktu lama. Jika kamu mampu mengantri dalam waktu lama, berdiri saat naik bus atau kereta hingga sampai tempat tujuan atau menghitung berapa lama kamu bisa menahan tubuh saat berdiri menunggu tanpa harus melemaskan otot kaki dan memindahkan berat tubuh bergantian dari kaki satu ke kaki lainnya, maka itu pertanda kamu lebih kebugaran tubuh yang cukup baik. Tapi jika setiap beberapa menit sekali suka menumpu berat tubuh ke satu kaki ke kaki lainnya, pertanda kamu butuh olahraga serius untuk tubuh bugar.

Bisakah jalan kaki berbelanja berjam-jam tanpa merasa lelah?

Sebagai perempuan, kita pasti suka berbelanja. Seperti sudah menjadi kebiasaan, ketika belanja seringkali kita lupa waktu karena sangat menikmatinya. Ternyata hal ini bisa menjadi aktivitas fisik yang sangat positif. Jika kamu mampu berjalan lama dan jauh berkeliling mall tanpa merasa kaki akan putus atau lelah selama kurang lebih 2 jam, apalagi sambil mendorong troli belanja ke mana pun, maka kamu termasuk memiliki fisik yang kuat. Jika bisa jalan kaki selama belanja lebih dari dua jam dan masih kuat berjalan, itu tandanya kebugaran tubuhmu sangat prima. 

Nah, bagaimana sekarang? Sudah mempunyai gambaran seberapa baik kebugaran tubuhmu Sahabat Fimela?

#Women for Women

What's On Fimela
Loading