Sukses

Health

Angka Saturasi Oksigen Normal Penting Diketahui Pasien Covid-19

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya mengonsumsi makan bergizi dan minum vitamin secara rutin, pasien Covid-19 juga penting mengecek tingkat saturasi oksigen apalagi bagi yang menjalankan isolasi mandiri.

Gejala berat, sedang, ringan, bahkan tanpa gejala harus melakukan saturasi oksigen. Maka menyediakan pulse oximeter atau alat pengukur saturasi oksigen normal sangat disarankan. Dan periksa setiap enam jam sekali dslam sehari.

Lalu berapa saturasi oksigen normal? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan saturasi oksigen normal pada anak-anak dan dewasa berkisar di angka 95 hingga 100 persen. Sementara pada lansia umumnya tidak kurang dari 95 persen.

Sementara itu, tingkat saturasi oksigen yang rendah di bawah 95 persen. Rendahnya kadar oksigen dalam darah bisa menimbulkan berbagai gejala. Mulai dari sesak napas, nyeri dada, hingga batuk-batuk.

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen

Melansir akun resmi Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam darah bisa dengan teknik proning.

Proning merupakan cara meningkatkan saturasi oksigen pada pasien yang mengalami sesak napas secara efektif. Dalam dunia medis, dilakukan dengan posisi tengkurap.

Yap, untuk meningkatkan saturasi oksigen dilakukan dengan posisi tengkurap karena pada posisi tersebut oksigenasi disebut lebih mudah.

Berikut cara meningkatkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah dengan teknik proning:

Pertama, berbaring tengkurap di atas alas. Pastikan menggunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

Pada posisi kedua, berbaring menyamping. Pastikan alas dan bantal di bawah leher, panggul, dan dijepit di antara kedua kaki. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

Selanjutnya, duduk dengan kaki selonjor lurus ke depan dan badan menempel dinding. Gunakan penyangga bantal dalam posisi duduk. Sama seperti dua posisi sebelumnya, lakukan ini selama 30 menit.

Catatan: selama melakukan teknik tersebut, upayakan berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Anak Nasional, Kenali Penyebab Tingginya Angka COVID-19 pada Anak
Artikel Selanjutnya
Roger Danuarta Akui Banyak Mengalami Kerugian di Masa Pandemi Covid-19