Sukses

Health

5 Manfaat Rumput Laut, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Rumput laut menjadi salah satu makanan yang kerap kali ditemui olahan makan, misalnya saja sushi masakan khas Jepang atau kimbap pada makanan Korea.

Tumbuh di perairan tenang, rumput laut bukan hanya enak melainkan memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Menurut studi dari Marine Drugs, rumput laut mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Selain itu, penelitian di Journal of Applied Phycology juga menunjukkan rumput laut mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, zat besi, yodium, serta antioksidan.

Dengan beragam nutrisi tersebut, rumput laut menyimpan sejumlah potensi manfaat untuk kesehatan, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat dalam rumput laut bermanfaat sebagai sumber makanan bakteri usus. Tak hanya itu, kandungan gula dalam rumput laut juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Serta akan terhindar dari gangguan kesehatan pencernaan seperti sembelit atau konstipasi.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar. Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin.

3. Menjaga Kestabilan Kadar Kolesterol

Rumput laut juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan omega asam lemak dan omega-3 serta antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) maupun kolesterol total, serta mencegah terjadinya pembekuan darah.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senyawa antioksidan dan anti-alergenik dalam rumput laut memiliki kemampuan untuk melawan berbagai virus. Rumput laut juga mengandung 3 miligram vitamin C 3 per porsi, sehingga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Sangat cocok untuk dikonsumsi di masa pandemi seperti saat ini.

5. Menurunkan Berat Badan

Kandungan fucoxanthin dalam rumput laut mampu menyerap pengendapan lemak di dalam usus, dan membersihkan usus dengan sangat baik. Hal ini tentu saja mempermudah penurunan berat badan karena nutrisi terserap lebih baik. Selain itu kandungan serat dalam rumput laut juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengontrol porsi makan.

Juliana Wijaya, Founder GAIA & SENSA.id mengatakan manfaat rumput laut bisa semakin bermanfaat ketika dicampur dengan jus sayuran dan buah.“Semua manfaat baik dari rumput laut tersebut bisa didapatkan dalam serbuk minuman praktis GAIA VG, menggunakan bahan baku yang aman dikonsumsi, karena berasal dari tumbuh-tumbuhan alami serta vegan friendly dan tidak mengandung unsur hewani,” ujar Juliana.

Selain rumput laut, minuman serbuk ini juga mengandung lemon, klorofil dan vitamin C yang tinggi antioksidan dan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Serta fiber dan psyllium yang berperan sebagai prebiotik yang dapat menjaga tubuh agar selalu merasa kenyang, mengatasi sembelit dengan cara memperlancar proses buang air besar, serta mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading