Sukses

Health

Jangan Sampai Kelupaan, Ini 4 Bagian Tubuh yang Harus Terus Dilatih agar di Masa Tua Tetap Sehat

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa area tubuh yang tidak boleh diabaikan jika kamu ingin meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Saat bicara tentang olahraga, mungkin yang terlintas di pikiranmu hanya tentang melatih inti tubuh, bokong, kaki, dan lengan.

Tapi sebenarnya ada beberapa area tubuh yang sering dilupakan untuk dilatih, agar kamu bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa bagian tubuh yang harus terus dilatih, penasaran?

1. Otak

Mungkin kamu juga cenderung sering menganggap bahwa otak atau pikiran terpisah dari kesehatan fisik, tapi sebenarnya mereka memiliki fungsi vital dan otak mendapat manfaat dari olahraga sama halnya dengan area tubuh lainnya. Fungsi otak diketahui menurun seiring waktu, tapi ada cara untuk mengurangi risiko terjadinya hal ini.

Meskipun faktor genetika memang berperan dalam fungsi kognitif, faktor lingkungan, seperti diet, kebiasaan tidur, atau stres kronis yang perlahan-lahan juga berpengaruh pada otak, membuatnya kurang tajam seiring waktu. Kabar baiknya, sama seperti olahraga yang konsisten dapat meningkatkan umur panjang, melatih otak secara teratur juga bisa meningkatkan kognisi dan bermanfaat seumur hidup.

Idenya adalah menggunakan olahraga untuk memperkuat umur panjang neuroplastisitas yang adalah kemampuan otak untuk beradaptasi dan menguasai keterampilan baru, serta menyimpan ingatan dan informasi. Orang dewasa harus fokus menjaga otak tetap aktif, lewat berbagai cara baru, seperti mempelajari bahasa baru hingga menjelajahi kota baru.

Kuncinya adalah menantang pikiran dengan menekuni hal baru. Meditasi kesadaran juga telah terbukti membantu dalam hal ini.

2. Paru-paru

Menjaga paru-paru dalam kesehatan yang baik harus menjadi prioritas, karena mereka mengangkut oksigen dari udara ke dalam darah. Olahraga diperlukan agar paru-paru berfungsi pada kinerja puncak dan karena fungsi paru-paru menurun secara bertahap setiap tahun mulai dari usia 35 tahun, penting untuk memasukkan kebiasaan yang membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Ini termasuk latihan tubuh, seperti aerobik setiap hari dan melakukan latihan pernapasan, seperti pernapasan diafragma.

 

3. Pergelangan tangan

Penting untuk melatih otot yang mengontrol fungsi pergelangan tangan untuk mengoptimalkan kekuatan dan stabilitas sendi. Pemanasan khusus yang meregangkan pergelangan tangan dan lengan bawah bisa mencegah cedera yang mungkin terjadi saat olahraga.

4. Jari kaki

Lima tulang yang terletak tepat di belakang jari-jari kaki yang disebut metatarsal menanggung banyak berat badan dan membutuhkan perhatian khusus untuk tetap bekerja dengan baik. Mengabaikan peregangan kaki berisiko membuat kaki menegang atau berkontraksi yang bisa menyebabkan rasa sakit. Ada semacam kualitas seperti pegas di daerah metatarsal yang membantu menciptakan lengkungan kaki.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading